TRANSFORMASI ORGANISASI PEMERINTAH DARI ERA ORDE BARU KE ERA REFORMASI (STUDI KASUS DARI DIREKTORAT SOSIAL POLITIK MENJADI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PADA BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI KALIMANTAN TIMUR) (Basyiruddin )

November 16, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 16, 2015 @ 5:07 PM
IP: 125.160.69.245

  • 1. Title [Judul]: TRANSFORMASI ORGANISASI PEMERINTAH DARI ERA ORDE BARU KE ERA REFORMASI (STUDI KASUS DARI DIREKTORAT SOSIAL POLITIK MENJADI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PADA BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Basyiruddin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: transformasi, Direktorat Sosial Politik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan proses perubahan organisasi Ditsospol hingga menjadi Badan Kesbangpol, perubahan paradigma organisasi Ditsospol hingga menjadi Badan Kesbangpol serta perbedaan struktur, tugas dan fungsi organisasi Ditsospol hingga menjadi Badan Kesbangpol.
    Penelitian ini dilaksanakan di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif.
    Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses perubahan organisasi Ditsospol hingga menjadi badan Kesbangpol Kaltim merupaka imbas dari beralihnya kekuasaan Orde Baru ke Reformasi. Sehingga pada tahun 2000 organisasi Ditsospol dan Mawil Hansip digabung menjadi Badan Kesbang Linmas Kaltim dan kembali berubah pada tahun 2007 menjadi badan Kesbangpol Kaltim. Kemudian perubahan paradigma organisasi Ditsospol dan Kesbangpol saat ini terletak pada cara pandang yang dahulu menggunakan pendekatan keamanan dan sekarang pendekatan kesejahteraan dan juga ditiadakannya fungsi litsus saat ini. Dalam struktur pimpinan organisasi juga terdapat perbedaan yang dahulu dipimpin dari kalangan ABRI, maka sekarang dipimpin oleh kalangan sipil serta tugas pokok dan fungsi juga mengalami perubahan dan perbaikan seiring dengan efektifitas kinerja birokrasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, M.A & Lutfi Wahyudi, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 November 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email