STUDI TENTANG PERKEMBANGAN DAN PENANGANAN WILAYAH PERBATASAN KALIMANTAN TIMUR (Widuri Hidayanti )

November 17, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 17, 2015 @ 1:37 PM
IP: 125.160.64.11

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PERKEMBANGAN DAN PENANGANAN WILAYAH PERBATASAN KALIMANTAN TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Widuri Hidayanti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perkembangan, penanganan, wilayah perbatasan, Kalimantan Timur, Long Apari.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan di wilayah perbatasan khususnya wilayah perbatasan bagian Barat Propinsi Kalimantan Timur di Kabupaten Mahakam Ulu Kecamatan Long Apari yang masih minim akan pembangunan sarana dan prasarana. Karya ilmiah ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan wilayah perbatasan Kalimantan Timur di Kecamatan Long Apari serta perkembangan dan penanganan sarana prasarana di wilayah perbatasan Kecamatan Long Apari.
    Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu yang merupakan wilayah perbatasan antar propinsi dan antar Negara di Kalimantan Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data kemudian dianalisis secara deskriptif dengan metode kualitatif. Setelah mengetahui perkembangan dan penanganan yang terjadi, maka akan dibuat menjadi suatu kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan dan penanganan wilayah perbatasan di Kalimantan Timur belum maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari zaman dahulu hingga zaman sekarang belum terjadi perkembangan dan penanganan yang signifikan. Seperti halnya pada sarana transportasi sudah relatif ada perkembangan namun penanganan yang lebih serius belum terealisasi, sarana komunikasi sudah ada perkembangan namun penaganannya belum dilakukan secara maksimal, perkembangan dan penanganan pada pendidikan sudah relatif ada peningkatan serta keinginan masyarakat untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi juga semakin meningkat namun akses yang jauh dan biaya yang mahal masih menjadi kendalanya, sarana kesehatan sudah ada perkembangan namun pada penanganannya belum dilakukan secara maksimal, pembangunan sumber daya manusia sudah ada perkembangan namun pada penanganannya masih belum maksimal dan belum mendapat perhatian yang lebih intensif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, M.A & Budiman, S.IP, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 November 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email