Upaya Pemerintah Desa Dalam Mendorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Mandu Dalam Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur (Aditya Bagus Kurniawan)

November 18, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 18, 2015 @ 2:01 PM
IP: 180.248.69.48

  • 1. Title [Judul]: Upaya Pemerintah Desa Dalam Mendorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Mandu Dalam Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Aditya Bagus Kurniawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: upaya pemerintah desa, partisipasi masyarakat, pembangunan
  • 4. Description [Abstrak] : Aditya Bagus Kurniawan, Upaya Pemerintah Desa Mendorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Mandu Dalam Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur, di bawah bimbingan yang saya hormati Bapak Dr. A. Margono, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Daryono, S.Sos, M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Upaya Pemerintah Desa Dalam Mendorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Mandu Dalam Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur dan mengetahui faktor-faktor penghambat upaya pemerintah desa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sumber data diperoleh dari data primer yaitu melakukan wawancara dengan informan, dan data sekunder yang berasal dari arsip dan dokumen-dokumen kantor Desa Mandu Dalam. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif yang merupakan rangkaian dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengenai upaya pemeritah desa dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan Desa Mandu Dalam kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur meliputi pembangunan fisik, peningkatan fasilitas pendidikan, pemenuhan kebutuhan air bersih, dan pembangunan non fisik, peningkatan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat, pelestarian nilai-nilai budaya dan kesenian tradisional, serta faktor penghambat dan pendukung upaya pemerintah. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa upaya pemeritah desa dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan Desa Mandu Dalam Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur dapat dikatakan cukup baik, dapat tercermin dari upaya yang dilakukan pemerintah dalam pembangunan fisik dan non fisik sudah seimbang. Faktor penghambat upaya pemerintah desa dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan DesaMandu Dalam Kecamatan Sangkulirang Kabupaten kutai Timur adalah dana anggaran yang masih kurang dimana kebutuhan masyarakat yang sangat besar sementara kemampuan pemerintah dalam hal anggaran terbatas dan SDM yang masih minim menunjukkan lemahnya tingkat SDM. Faktor pendukungnya adalah inisiatif-inisiatif dan sumber daya alam.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. A. Margono, M.Si & Daryono, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 18 November 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email