IMPLEMENTASI PROGRAM KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 7 SAMARINDA (Rina Hariana )

November 19, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 19, 2015 @ 1:05 PM
IP: 61.94.87.165

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PROGRAM KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 7 SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rina Hariana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kurikulum, Tenaga Kependidikan
  • 4. Description [Abstrak] : Rina Hariana, Implementasi Program Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 7 Samarinda. Bimbingan Bapak Dr. Djumadi, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Enos Paselle, M.AP selaku pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi kebijakan program kurikulum 2013 di SMP Negeri 7 Samarinda serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat program kurikulum 2013. Fokus penelitian ini yaitu sosialisasi kurikulum, kualitas tenaga pengajar, sarana dan prasarana serta proses pembelajaran kurikulum 2013 dikelas.
    Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sumber data pada penelitian ini yakni key informan adalah Kepala Sekolah dan Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Samarinda dan informan adalah guru dan siswa-siswi yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,dan pengambilan kesimpulan.
    Kesimpulan penelitian diperoleh gambaran bahwa sosialisasi kurikulum 2013 yang dilakukan oleh pemerintah belum maksimal. Tenaga pengajar masih banyak yang belum memahami proses penilaian yang menggunakan teknologi informasi yang dianggap rumit. Kemudian sarana dan prasarana belum sepenuhnya menunjang sehingga menjadi faktor penghambat dalam kegiatan pembelajaran. Adanya perubahan kurikulum sangat mempengaruhi mutu pendidikan namun sejauh penerapannya masih menuai pro dan kontra.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Djumadi, M.Si & Dr. Enos Paselle, M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19 November 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email