PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI DI DESA SEI BARANG KECAMATAN KAYAN SELATAN KABUPATEN MALINAU (Petrus Rijan)

November 30, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 30, 2015 @ 5:00 PM
IP: 180.248.67.166

  • 1. Title [Judul]: PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI DI DESA SEI BARANG KECAMATAN KAYAN SELATAN KABUPATEN MALINAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Petrus Rijan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pemberdayaan Masyarakat.
  • 4. Description [Abstrak] : Petrus Rijan. Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Di Desa Sei Barang Kecamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau, di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si selaku bimbingan I dan Santi Rande, S.Sos.,M.Si selaku pembimbing II.
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat PNPM Mandiri Di Desa Sei Barang Kecamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau serta faktor-faktor yang mendukung dan penghambat dalam Pembangunan di Desa Sei Barang Kecamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptip kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu model interatif yang terdiri dari pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penariakan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri di desa sudah terlihat baik. Hal ini dilihat dari segi pembangunan di desa dalam mendorong dan menumbuhkan kesadaran para pemimpin, memberikan fasilitas, dan komunikasi yang terjalin kepada para Masyarakat namun ini belum cukup memberikan dampak positif dalam Pelaksanaan Program PNPM Mandiri di desa sehingga dibutuhkan ketegasan kepala desa sebagai pemimpin dalam pemecahan masalah yang terjadi di Desa Sei Barang Kecamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau.
    Faktor-faktor yang menghambat dalam Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Desa Sei Barang Kecamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau, antara lain kurangnya sosialisasi pemerintah terhadap masyarakat mengenai bagaimana sebaiknya program itu berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan. Dan juga kurangnya kerja sama dalam pembangunan yang direncanakan membuat pembangunan menjadi kurang efektif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Aji Ratna Kusuma, M.Si & Dr. Santi Rande, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email