STRATEGI PEMERINTAH DESA MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi Kasus Di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang) (M. Helmi Watoni Satka)

December 1, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 1, 2015 @ 9:56 AM
IP: 180.248.69.99

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI PEMERINTAH DESA MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi Kasus Di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: M. Helmi Watoni Satka
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Desa.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemerintah desa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang dan untuk mengetahui faktor penghambat strategi pemerintah desa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Informan kunci pada penelitian ini yaitu Kepala Desa Kerta Buana.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menurut Matthew B Miles dan A. Michael Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemerintah desa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Desa Kerta Buana, meliputi pembinaan di bidang kewiraswastaan, penyuluhan yang disampaikan oleh kepolisian, memberikan fasilitas kegiatan keagaman dan pembentukan ikatan remaja mesjid, pengadaan posyandu rutin setiap bulannya. Kesimpulannyapelayanan pemerintah desa terhadap masyarakat masih kurang berjalan dengan baik, karena dalam pelayanan publik terjadinya keterlambatan pelayanan dan masyarakat hanya berpartisipasi dalam bentuk tenaga dan ide atau pemikiran tanpa berpartisipasi dalam bentuk dana.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si & Drs. Edang Erawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email