PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENANGGULANGAN BANJIR OLEH PEMERINTAH KOTA SAMARINDA (STUDI KASUS BANJIR DI KELURAHAN LOA BAKUNG) (Achmad Ridzki Ariyanda )

December 2, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 2, 2015 @ 9:56 AM
IP: 95.211.226.36

  • 1. Title [Judul]: PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENANGGULANGAN BANJIR OLEH PEMERINTAH KOTA SAMARINDA (STUDI KASUS BANJIR DI KELURAHAN LOA BAKUNG)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Achmad Ridzki Ariyanda
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi Masyarakat, Penanggulangan Banjir
  • 4. Description [Abstrak] : Persepsi Masyarakat Tentang Penanggulangan Banjir Oleh Pemerintah Kota Samarinda (Studi Kasus Banjir di Kelurahan Loa Bakung). Dibawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, MS dan Drs. Badruddin Nasir, M.Si.
    Penelitian ini bertujuan mengetahui untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang penanggulangan banjir oleh Pemerintah Kota Samarinda di Kelurahan Loa Bakung dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya banjir di Kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di kota Samarinda. Tepatnya di Kelurahan Loa Bakung.
    Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggambarkan atau mendeskripsikan secara detail variabel yang diteliti yang menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
    Hasil penelitian yang ditemukan oleh penulis menunjukkan bahwa persepsi masyarakat tentang penanggulangan banjir oleh Pemerintah Kota Samarinda di Kelurahan Loa Bakung bila dilihat hampir tidak ada. persepsi masyarakat tentang penanggulangan banjir oleh Pemerintah Kota Samarinda di Kelurahan Loa Bakung belum konsisten. Faktor terjadinya banjir di Kelurahan Loa Bakung, yaitu Kelurahan Loa Bakung tidak mempunyai tata ruang kota / tata ruang wilayah daerah yang digunakan untuk perumahan dan daerah resapan yang tidak boleh didirikan rumah, tidak jelas peruntukannya, sehingga banyaknya daerah resapan yang hilang. Aktivitas tambang di Kelurahan Loa Bakung juga mengupas lahan hijau untuk daerah resapan air.
    Kesimpulan persepsi masyarakat tentang penanggulangan banjir oleh Pemerintah Kota Samarinda di Kelurahan Loa Bakung belum konsisten. Selama ini tidak ada langkah konkrit dari Pemerintah Daerah dalam upaya pencegahan banjir atau penanggulangan banjir padahal akhir-akhir ini Loa Bakung merupakan lokasi yang rawan banjir
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, MS dan Drs. Badruddin Nasir, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email