Peran Komunikasi Lurah Dalam Meningkatkan Partisipasi Pembangunan Masyarakat di Kelurahan Tanah Merah Kota Samarinda (Rinaldi)

December 22, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 22, 2015 @ 10:19 PM
IP: 36.84.3.142

  • 1. Title [Judul]: Peran Komunikasi Lurah Dalam Meningkatkan Partisipasi Pembangunan Masyarakat di Kelurahan Tanah Merah Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rinaldi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi, Partisipasi
  • 4. Description [Abstrak] : Peran Komunikasi Lurah dalam Meningkatkan Partisipasi pembangunan masyarakat di Kelurahan Tanah Merah Kota Samarinda. Bimbingan Bapak Drs. Sugandi, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Drs. H. Hamdan, M.Si selaku dosen pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi Lurah dalam meningkatkan partisipasi pembangunan masyarakat di Kelurahan Tanah Merah Kota Samarinda dan untuk menganalisis faktor-faktor penghambatnya.
    Fokus penelitian yang meliputi komunikasi Lurah secara langsung, komunikasi Lurah secara tidak langsung, komunikasi Lurah secara partisipatif dan faktor penghambat peran komunikasi Lurah dalam meningkatkan partisipasi pembangunan masyarakat di Kelurahan Tanah Merah Kota Samarinda. Sumber data dalam penelitian ini dibagi dalam dua bentuk data yaitu data primer yang sumber datanya diperoleh dari pihak yang menjadi sumber informasi yakni key informan dan informan lainnya, dan data sekunder yang sumber datanya didapat dari sumber bacaan, dokumen resmi seperti monografi Kelurahan, profil Kelurahan dan lain-lain. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian pustaka dan penelitian lapangan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Data Kualitatif Model Interaktif dari Miles, Hubberman, dan Saldana.
    Hasil dari penelitian yang telah dilakukan penulis dengan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi, Peran komunikasi Lurah dalam meningkatkan partisipasi pembangunan masyarakat di Kelurahan Tanah Merah Kota Samarinda dapat disimpulkan Lurah sudah menunjukkan adanya komunikasi yang baik antara Lurah dengan masyarakat, Lurah juga sudah cukup tanggap dalam menyebarkan surat edaran dan pengumuman tertulis, serta masyarakat sekitar juga sudah partisipatif dalam melaksanakan program kegiatan pembangunan walaupun jumlah masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan masih sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk keseluruhan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si dan Drs. H. Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email