KAMPANYE POLITIK CALON LEGISLATIF PARTAI KEADILAN SEJAHTERA PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 (Afrian Saputra)

January 6, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Saputra, Afrian
On: Jan 6, 2016 @ 2:10 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: KAMPANYE POLITIK CALON LEGISLATIF PARTAI KEADILAN SEJAHTERA PADA PEMILU LEGISLATIF 2014
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Afrian Saputra
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kampanye Politik, Pemilu Legislatif
  • 4. Description [Abstrak] : Artikel ini berisi tentang upaya Calon Legislatif Partai Keadilan Sejahtera dalam melakukan Kampanye Politik pada Pemilu Legislatif Tahun 2014, bagaimana Calon Legislatif beserta Partai Keadilan Sejahtera mempromosikan dirinya dan partainya dengan teknik-teknik kampanye politik agar dapat mengubah persepsi dan pemikiran calon pemilih sesuai dengan yang diinginkan aktor politik yaitu agar masyarakat mendukung dan memberikan suara mereka pada saat pemilu Legislatif. Penyebarluasan informasi tentang kandidat, partai, dan program yang dilakukan oleh aktor-aktor politik (komunikator) melalui saluran-saluran komunikasi tertentu yang ditujukan kepada segmen (sasaran) tertentu dengan tujuan mengubah wawasan pengetahuan sikap, dan perilaku para calon pemilih sesuai dengan keinginan si pemberi informasi.
    Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan 1 key informan dan 3 informan.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam kampanye politiknya Partai Keadilan Sejahtera memiliki kekurangan pada komunitor politik, dalam penyampaian pesannya tidak memiliki juru kampanye yang khusus dan terampil.Kurangnya opinion leader pada komunikator. Target sasaran politik mereka adalah para pemilih pemula dan pemilih muda. Dalam penyampaian pesannya teknik penyusunan pesan yang digunakan adalah (motivational appeal) pesan yang tidak disusun karena penuh janji-janji melainkan menumbuhkan pengaruh internal psikologis dan teknik penyususan pesan yang mengarah kepada teknik penyusunan pesan two side issue, dan media komunikasi yang di gunakana adalah media luar ruang (out door), media format kecil, saluran komunikasi publik .
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Badruddin Nasir, M.Si, Hj Hairunissa, S.Sos, M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Ejournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email