PARTISIPASI MASYARAKAT DI DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI DESA BUNYU SELATAN KECAMATAN BUNYU KABUPATEN BULUNGAN (Darmawan)

January 9, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 9, 2016 @ 10:16 AM
IP: 180.248.64.51

  • 1. Title [Judul]: PARTISIPASI MASYARAKAT DI DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI DESA BUNYU SELATAN KECAMATAN BUNYU KABUPATEN BULUNGAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Darmawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Partisipasi Masyarakat, Pembangunan
  • 4. Description [Abstrak] : Darmawan, Penelitian ini berjudul Partisipasi Masyarakat di dalam Pelaksanaan Pembangunan di Desa Bunyu Selatan, Kecamatan Bunyu, Kabupaten Bulungan. Penelitian dilaksanakan di Desa Bunyu Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung di lapangan. Data yang diperoleh akan disajikan dan dianalisis dalam bentuk deskriptif kualitatif.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat di dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Bunyu Selatan, baik partisipasi masyarakat di dalam perencanaan pembangunan, pemanfaatan hasil pembangunan dan evaluasi pembangunan, tujuan partisipasi masyarakat di dalam pelaksanaan pembangunan dan penghambat partisipasi masyarakat di dalam pelaksanaan pembangunan.
    Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa partisipasi masyarakat di dalam perencanaan pembangunan di Desa Bunyu selatan belum optimal dikarenakan di dalam pelaksanaan Musrenbangdes masyarakat hanya diwakilkan oleh ketua RT masing – masing, tidak secara langsung menyampaikan usulan-usulan pada saat Musrenbangdes berlangsung dikarenakan keterbatasan ruangan, di dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Bunyu Selatan, masyarakat yang ada di Desa Bunyu Selatan berpartisipasi dalam bentuk tenaga, uang atau dana dan konsumsi, partisipasi masyarakat Desa Bunyu Selatan di dalam pelaksanaan pembangunan masih tergolong kurang, hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang kurang peduli dengan pembangunan yang ada serta kesibukan masyarakat dalam bekerja, sehingga di dalam pelaksanaan pembangunan hanya beberapa masyarakat saja yang hadir.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Massad Hatuwe, M.Si dan Drs. Sugandi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 09 Januari 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel ejournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email