hubungan gaya belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa/siswi kelas XI SMA Negeri 1 Sangatta Utara Kutai Timur (Anisa Septiana)

January 26, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: septiana, anisa
On: Jan 26, 2016 @ 2:46 PM
IP: 36.82.210.228

  • 1. Title [Judul]: hubungan gaya belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa/siswi kelas XI SMA Negeri 1 Sangatta Utara Kutai Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Anisa Septiana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: gaya belajar,persepsi siswa tentang metode mengejar guru, prestasi belajar
  • 4. Description [Abstrak] : Prestasi belajar merupakan pencapaian dari proses belajar siswa yang dicantumkan dalam bentuk nilai. Di dalam proses belajar tersebut siswa diwajibkan untuk mengikuti seluruh mata pelajaran tidak terkecuali matematika, yang merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh seluruh siswa. Persoalan yang seringkali terjadi yaitu menurunnya prestasi belajar matematika, sehingga menjadi masalah tersendiri bagi pihak sekolah. Oleh arena itu, banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika individu. Salah satunya yang berhubungan dengan gaya belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Penelitan ini terdiri dari tiga variabel yaitu variabel terikat yakni prestasi belajar matematika dan variabel bebas yakni gaya belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru.
    Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkana metode skala. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Sangatta Utara kelas XI sebanyak 72 subjek. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis uji nonparametric Kendal’s Tau.
    Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai korelasi 0.117 dan nilai p > 0.05 (p= 0.186) dan tidak terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestas belajar dengan nilai korelasi -0.050 dan nilai p > 0.05 (p=0.575).
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Muhammad Ali Adriansyah, S.Psi., M.Si, Drs. Badruddin Nasir, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email