HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN BULLYING PADA SISWA-SISWI SMP (SMP NEGERI 16 SAMARINDA) (FITRIAN SAIFULLAH)

February 10, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 10, 2016 @ 11:25 PM
IP: 128.199.165.82

  • 1. Title [Judul]: HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN BULLYING PADA SISWA-SISWI SMP (SMP NEGERI 16 SAMARINDA)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: FITRIAN SAIFULLAH
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: bullying, konsep diri
  • 4. Description [Abstrak] : Bullying telah dikenal sebagai masalah sosial yang terutama ditemukan dikalangan anak-anak sekolah. Bullying adalah penekanan atau penindasan berulang-ulang, secara psikologis atau fisik terhadap seseorang yang memiliki kekuatan atau kekuasaan yang kurang oleh orang atau kelompok orang yang lebih kuat. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku bullying meliputi faktor personal dan faktor situasional. Faktor personal adalah semua karakteristik yang ada pada siswa, termasuk sifat-sifat kepribadian, sikap dan kecenderungan genetik atau bawaan. hal ini dapat diartikan bahwa konsep diri yang ada pada individu menjadi faktor penentu terjadinya perilaku bullying tersebut.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel konsep diri dengan bullying pada siswa-siswi SMP Negeri 16, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Penelitan ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel terikat yakni bullying dan variabel bebas yakni konsep diri. Jenis pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
    Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode skala. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 16 Kota Samarinda sebanyak 123. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis uji nonparametric Somer’s d dan keseluruhan data program menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan signifikan antara konsep diri dengan bullying dengan nilai korelasi -0.322 dan nilai p= 0.000.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Muhammad Ali Adriansyah, S.Psi, M.Si., dan Rina Rifayanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email