PERAN DINAS TENAGA KERJA DALAM PENEMPATAN TENAGA KERJA DI KOTA SAMARINDA (MUHAMMAD ZULFADHLI )

February 17, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 17, 2016 @ 10:47 AM
IP: 180.248.68.117

  • 1. Title [Judul]: PERAN DINAS TENAGA KERJA DALAM PENEMPATAN TENAGA KERJA DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: MUHAMMAD ZULFADHLI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, DISNAKER, Penempatan Tenaga Kerja
  • 4. Description [Abstrak] : Muhammad Zulfadhli, 2016, Peran Dinas Tenaga Kerja Dalam Penempatan Tenaga Kerja di Kota Samarinda, Bimbingan Bapak Dr. Enos Paselle., M.AP selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Hj. Hariati, S.Sos., M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Dinas Tenaga Kerja dalam penempatan tenaga kerja.untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penempatan tenaga kerja di Kota Samarinda.
    Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Peran Dinas Tenaga Kerja dalam penempatan tenaga kerja:Pencari kerja Lowongan Pekerjaan Informasi Pasar Kerja Mekanisme Antar Kerja Kelembagaan Penempatan Tenaga Kerja,Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penempatan tenaga kerja di Kota Samarinda. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas Adapun yang menjadi informan inti (key informan) adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda dan Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kerja. Sedangkan yang menjadi informan adalah Pegawai atau Staf Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda sebanyak 3 orang yang diperoleh melalui metode Purposive Sampling. Adapun yang menjadi sumber data primer melalui metode Accidental Sampling yaitu pencari kerja yang sudah ditempatkan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda Data dikumpulkan melalui, kepustakaan, observasi, wawancara dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
    Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Peran Dinas Tenaga Kerja dalam Penempatan Tenaga Kerja di Kota Samarinda yaitu Calon tenaga kerja yang terdaftar masih banyak yang belum memiliki keterampilan kerja dan kurang diminatinya lowongan kerja yang ada,Lowongan kerja yang masih minim,Penyampain informasi pasar kerja yang masih kurang maksimal,Masih belum maksimalnya pengetahuan mengenai mekanisme antar kerja baik dari perusahaan maupun para pencari kerja dalam penempatan tenaga kerja, Kurangnya pemahaman mengenai kelembagaan penempatan tenaga kerja.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP & Hj. Hariati, S.sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 Februari 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email