PENERAPAN PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH (JAMKESDA) DI RSUD TAMAN HUSADA BAGI PASIEN RAWAT INAP TINGKAT LANJUT (RITL) DI KOTA BONTANG (Asthim Toding Allo)

February 17, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 17, 2016 @ 4:01 PM
IP: 180.248.68.117

  • 1. Title [Judul]: PENERAPAN PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH (JAMKESDA) DI RSUD TAMAN HUSADA BAGI PASIEN RAWAT INAP TINGKAT LANJUT (RITL) DI KOTA BONTANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Asthim Toding Allo
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Jamkesda, Pelayanan, Rumah sakit
  • 4. Description [Abstrak] : Asthim Toding Allo, Penerapan Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) Di Rsud Taman Husada Bagi Pasien Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL) Di Kota Bontang. Dibawah bimbingan Bapak Prof.Dr.H. Adam Idris, M.Si dan Dr.Rita Kala Linggi, M.Si.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari Penerapan Pelayanan Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan Rawat Inap Tingkat lanjut (RITL) bagi peserta Jaminan Kesehatan Daerah di RSUD Taman Husada Kota Bontang.
    Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud menggambarkan atau memaparkan situasi atau kejadian dimana informan yang diperoleh melalui Metode Purposive Sampling, sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode Interaktif dari Miles, Huberman dan saldana.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) Di Rsud Taman Husada Bagi Pasien Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL) Di Kota Bontang sudah dapat dikatakan cukup baik. Hal tersebut terlihat dari Akomodasi rawat inap, kosultasi medik, penunjang diagnostik, tindakan medis, operasi dan pelayanan rehabilitas sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat pengguna Jamkesda , mulai dari pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis rumah sakit, fasilitas-fasilitas yang ada dalam masa perawatan , ketersediaan bahan dan alat kesehatan habis pakai yang menunjukan penerapan pelayanan Jamkesda yang ada di RSUD Taman Husada Bontang sudah berjalan dengan prosedur pelayanan yang ada. Namun untuk pemberian obat dan Persalinan resiko tinggi masih terdapat kekurangan yang dirasakan pengguna Jamkesda hal ini terlihat dari adanya pembayaran obat dan biaya penebusan bayi yang baru dilahirkan karena tidak di tanggung oleh Jamkesda sehingga memberatkan masyarakat yang berpenghasilan rendah, tetapi untuk secara keseluruhan pelayanan yang ada di RSUD Taman Husada kota Bontang sudah berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H.Adam Idris, M.Si & Dr. Rita Kala Linggi, M,Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 Februari 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email