PENGEMBANGAN PERKEBUNAN RAKYAT OLEH PEMERINTAH KABUPATEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Perkebunan Karet Di Desa Mendik Makmur Dan Perkebunan Sawit Di Desa Tajer Mulya) (Mita Permatasari)

February 19, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 19, 2016 @ 11:10 AM
IP: 36.82.227.27

  • 1. Title [Judul]: PENGEMBANGAN PERKEBUNAN RAKYAT OLEH PEMERINTAH KABUPATEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Perkebunan Karet Di Desa Mendik Makmur Dan Perkebunan Sawit Di Desa Tajer Mulya)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mita Permatasari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pengembangan, perkebunan rakyat, sawit, paser, kesejahteraan, ekonomi, masyaraka
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini membahas tentang pengembangan perkebunan rakyat oleh pemerintah kabupaten dan dampaknya terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat dan lingkungan, yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pengembangan perkebunan rakyat yang di lakukan oleh pemerintah kabupaten Paser dan dampak dari pengembangan tersebut terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat dan lingkungan khususnya perkebunan karet di Desa Mendik Makmur dan perkebunan sawit di Desa Tajer Mulya.
    Penelitian ini di lakukan pada dua desa yaitu yang terletak pada dua kecamatan yang berbeda yaitu Desa Mendik Makmur di Kecamatan Long Kali dan Desa Tajer Mulya di Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang di lakukan dengan observasi, wawancara secara mendalam dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian, dengan menentukan pihak-pihak yang menjadi narasumber Purposive Sampling untuk mendapatkan data yang jelas dan akurat mengenai pengembangan perkebunan rakyat yang di lakukan oleh pemerintah kabupaten Paser dengan cara memberikan bantuan berupa fasilitas perkebunan karet dan sawit dan dorongan guna mensejahterahkan masyarakat khususnya Desa Mendik Makmur dan Desa Tajer Mulya. Data-data yang di kumpulkan tersebut di analisis dengan analisis kualitatif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perkebunan yang di lakukan oleh pemerintah kabupaten paser melalui kerjasamanya dengan perusahaan perkebunan PTPN XIII cukup baik dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan ekonomi masyarakat paser dan lingkungan khususnya perkebunan karet di Desa Mendik Makmur kecamatan long kali dan perkebunan sawit di Desa Tajer Mulya kecamatan Long Ikis. Sudah terbukti pada kedua desa tersebut mengalami peningkatan dan kesejahteraan ekonomi dengan adanya pembukaan lahan perkebunan karet dan sawit yang di lakukan oleh perusahaan perkebunan PTPN XIII.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, M.A & Mohammad Taufik, S.Sos. M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19 Februari 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email