IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 02 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN (DKP) KOTA SAMARINDA (Siti Rachmah)

February 24, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Feb 24, 2016 @ 2:08 PM
IP: 36.75.41.152

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 02 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN (DKP) KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Siti Rachmah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Peraturan Daerah, Sampah
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 02 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Samarinda dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 02 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Samarinda.
    Jenis penelitian yang dilakukan termasuk penelitian deskriptif dan dianalisis secara kualitatif dengan teknik pengambilan sampel “purposive sampling” dan Pemilihan informan dilakukan dengan teknik “Snowball Sampling”. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer dengan melakukan wawancara. Untuk narasumber adalah kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda, Kabid. Teknik Kebersihan, Kabid. Penyuluhan dan Pengawasan, Petugas Kebersihan dan Masyarakat Kota Samarinda, sedangkan untuk data sekunder diambil dari beberapa hasil laporan serta dokumen dokumen yang lain yang dianggap sangat mempunyai keterkaitan dengan penelitian ini, sedangkan untuk menganalisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu analisis data model interaktif.
    Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 02 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah oleh DKP Kota Samarinda belum berjalan maksimal, hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan sosialisasi yang belum merata di masyarakat, pemasaran produk daur ulang sampah warga yang belum terakomodir dengan baik, kondisi armada yang tidak memadai, kekurangaktifan bank ramli serta penyediaan TPS yang belum menjangkau daerah yang jauh dari pusat kota sehingga masih ada warga yang belum terjangkau layanan kebersihannya oleh DKP Kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Prof. Dr. HJ. Nur Fitriyah, MS
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24/02/2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email