STRATEGI KOMISI PENANGGULANGAN AIDS (KPA) DALAM PENANGGULANGAN HIV/AIDS DI KOTA SAMARINDA (Muhammad Arif Ansyori)

February 24, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 24, 2016 @ 2:29 PM
IP: 36.82.225.160

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI KOMISI PENANGGULANGAN AIDS (KPA) DALAM PENANGGULANGAN HIV/AIDS DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Arif Ansyori
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, KPA, Penanggulangan, HIV&AIDS, Kota Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan pelayanan kesehatan preventif di Puskesmas Sei Merdeka Kecamatan Samboja.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana strategi komisi penanggulangan aids dalam penanggulangan hiv dan aids di Kota Samarinda. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran serta penjelasan tentang variabel yang diteliti. Analisis data model interaktif dari Miles dan Hubermen, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyerderhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang di jalankan oleh Komisi Penanggulangan Aids (KPA) dalam penanggulangan HIV dan AIDS di Kota Samarinda yang dapat dilihat dari strategi KPA yaitu melakukan pencegahan dengan memberikan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat yang belum mengetahui akan bahaya serta cara penularan penyakit ini, selanjutnya strategi KPA selanjutnya melakukan rehabilitasi dengan memberikan perlindungan bagi ODHA berupa pendampingan konselor kemudian untuk tempat rehabilitasi KPA bermitra dengan Pemerintah Daerah. Kemudian strategi KPA melakukan koordinasi dengan dinas dan instansi terkait melalui rapat evaluasi, pertemuan kemitraan dan melakukan perencanaan untuk memberikan penyuluhan atau sosialisasi kepada para remaja dan lingkungan masyarakat yang rawan akan penyebaran HIV dan AIDS
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Burhanudin, M.Si & Budiman S.IP M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email