Faktor Pendorong Fanatisme pada Suporter Klub Sepak Bola Arsenal di Balikpapan (Irna Purnamasari)

February 24, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 24, 2016 @ 2:58 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Faktor Pendorong Fanatisme pada Suporter Klub Sepak Bola Arsenal di Balikpapan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Irna Purnamasari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: fanatisme, suporter sepak bola, arsenal
  • 4. Description [Abstrak] : Fanatisme dapat dimanifestasikan ke dalam perilaku yang berdampak negatif maupun positif. Fenomena pada suporter sepak bola harus ada faktor-faktor pendorong yang kuat dalam mempengaruhi perilaku fanatisme individu.
    Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong fanatisme pada suporter klub sepak bola Arsenal di Balikpapan. Faktor pendorong perilaku adalah proses menyimpulkan aspek dan karakteristik perilaku suporter. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 3 orang sebagai subjek penelitian yaitu suporter klub sepak bola Arsenal usia dewasa awal. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan snowball sampling. Data diambil dengan teknik wawancara mendalam dengan menggunakan indikator aspek faktor pendorong perilaku. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
    Hasil penelitian yang diperoleh yaitu faktor yang dominan yang menyebabkan individu mendukung klub sepak bola Arsenal, karena rasa suka dan bangga pada objek. Aspek yang memunculkan perilaku fanatisme disebabkan oleh motivasi dan pengaruh dari masyarakat, dimana aspek eksternal tersebut saling berhubungan mempengaruhi aspek internal individu dalam mendukung sebuah klub sepak bola. Adanya pengetahuan dan regulasi emosi yang baik pada suporter, menyebabkan fanatisme pada suporter klub sepak bola Arsenal cenderung dimanifestasikan ke dalam perilaku yang berdampak positif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Lisda Sofia, S.Psi., M.Psi., Psikolog
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23 Februari 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email