Kebermaknaan Hidup dan Kecemasan dalam Menghadapi Kematian pada Lansia di Panti Werdha Samarinda (Rizka Lellyani Maramis)

March 2, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 2, 2016 @ 12:15 PM
IP: 180.248.67.79

  • 1. Title [Judul]: Kebermaknaan Hidup dan Kecemasan dalam Menghadapi Kematian pada Lansia di Panti Werdha Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizka Lellyani Maramis
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: kecemasan, kebermaknaan hidup, lansia
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kebermaknaan Hidup dan Kecemasan dalam Menghadapi Kematian pada Lansia di Panti Werdha Samarinda. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui apa saja yang telah di lakukan para lansia dalam memaknai kehidupan dan kecemasan dalam menghadapi kematian di Panti Werdha Samarinda.
    Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Peneliti menggunakan teknik snowball sampling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dan menggunakan tes DASS untuk mengukur tingkat kecemasan tiga subjek lansia yaitu subjek SM berusia 72 tahun dengan tingkat kecemasan sangat berat, subjek A berusia 70 tahun dengan kecemasan sangat berat dan subjek T berusia 65 tahun dengan kecemasan ringan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa . Subjek I dan juga subjek II mengalami dampak yang negatif dari kecemasan berat yang mereka alami, yaitu mereka merasa bahwa hidup dan dirinya tidak lagi bermakna kedua subjek juga merasa takut akan kematian karena pengalaman-pengalaman masa lalu yang kurang begitu baik dampaknya bagi diri mereka. Sedangkan, subjek I menunjukkan dampak yang positif, ia merasa bahwa hidupnya begitu bermakna karena kasih sayang oleh keluarganya yang begitu besar untuk dirinya dan pengalaman-pengalaman masa lalu yang begitu baik membuatnya cukup puas dalam menjalani sisa hidupnya karena ia tidak mengalami kecemasan mendalam untuk menghadapi kematian.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : M. Ali Adriansyah, S.Psi., M.Si, Lisda Sofia, S.Psi., M.Psi., Psikolog
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 01 Maret 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: doc

Loading

Print Friendly, PDF & Email