PENGARUH PEMBERITAAN EKSEKUSI MATI BALI NINE TERHADAP MOTIVASI WARGA LAPAS KLAS IIA UNTUK BERHENTI MENGEDARKAN NARKOBA DI SAMARINDA (Ahmad Fauzan )

March 3, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 3, 2016 @ 10:39 AM
IP: 180.248.255.89

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH PEMBERITAAN EKSEKUSI MATI BALI NINE TERHADAP MOTIVASI WARGA LAPAS KLAS IIA UNTUK BERHENTI MENGEDARKAN NARKOBA DI SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ahmad Fauzan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengaruh, Pemberitaan eksekusi mati, Motivasi intrinsik, Motivasi ektrinsik
  • 4. Description [Abstrak] : Fauzan, A, 2016. Pengaruh pemberitaan eksekusi mati bali nine terhadap motivasi warga lapas kelas IIA untuk berhenti mengedarkan narkoba di Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman DosenPembimbing: (1) Drs. EndangErawan, M.Si (2) AnnisaWahyuni A, S.IP.,M.M. Masalah penyalah gunaan dan peredaran gelap narkoba saat ini sudah menjadi persoalan global yang melanda semua wilayah maupun Negara di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, penyalahgunaan narkoba ini telah mencapai tahapan yang sangat mengkhawatirkan. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh dari pemberitaan eksekusi mati bali nine terhadap motivasi warga lapas kelas IIA untuk berhenti mengedarkan narkoba di Samarinda. Teori yang digunakan adalah teori motivasi 2 faktor milik Frederick Helzberg yang terdiri dari motivasi intrinsic dan motivasi ekstrinsik. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berasal dari kuisioner dan data sekunder sedangkan teknik sampling yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode random sampling dimana responden dalam penelitian ini berasal dari acak tanpa menggunakan kriteria khusus (Bebas).
    Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh pemberitaan eksekusi mati bali nine terhadap motivasi warga lapas klas IIA untuk berhenti mengedarkan narkoba. Hal ini dibuktikan dengan F hitung = 10,582 > F table (α= 0,05) = 3.090, Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan membagikan kuisioner dengan jumlah responden sebesar 96 orang, maka didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh pemberitaan eksekusi mati bali nine sebesar 43,1% terhadap motivasi warga lapas kelas IIA untuk berhenti mengedarkan narkoba di Samarinda. Dan sisanya 56,9 berasal dari model lain yang artinya adalah para warga lapas menganggap bahwa pemberitaan mengenai eksekusi mati Bali Nine tersebut hanya sebagai sebuah informasi. Motivasi terbesar mereka untuk berhenti mengedarkan narkoba sendiri berasal dari dalam diri mereka sendiri.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si & Annisa Wahyuni A, S.IP., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 3 Maret 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email