IMPLEMENTASI PELAYANAN TRANSPORTASI AIR PADA DINAS PERHUBUNGAN DI KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Yakobus Ipto Hendro)

May 25, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Ipto Hendro, Yakobus
On: May 25, 2016 @ 12:24 PM
IP: 180.248.83.235

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PELAYANAN TRANSPORTASI AIR PADA DINAS PERHUBUNGAN DI KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yakobus Ipto Hendro
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Transportasi Air, Ferry, Ferry Tradisional
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pelayanan transportasi air pada Dinas Perhubungan di Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya.
    Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik Snowball Sampling, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan ada dua jenis yaitu sumber data primer merupakan sumber data yang diperoleh melalui informan dengan cara melakukan wawancara secara langsung dan dipandu dengan pertanyaan sesuai dengan fokus penelitian, sedangkan sumber data sekunder merupakan sumber data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara seperti catatan yang telah tersusun dalam arsip atau buku pedoman. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif, yaitu menggambarkan tentang data dan fakta mengenai objek penelitian maka analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Aktivitas dalam analisis data yaitu: Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verifications.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelayanan transportasi air pada Dinas Perhubungan di Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara adalah masih kurangnya pelayanan yang terjadi di kapal ferry terutama di kapal ferry tradisional karena melebihi batas angkut penumpang yang telah ditentukan. Faktor penghambat dalam implementasi pelayanan transportasi air pada Dinas Perhubungan di Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara masih kurangnya sosialiasi Dinas Perhubungan kepada masyarakat, belum adanya kerjasama masyarakat bersama Dinas Perhubungan dalam transportasi air, dan masih ada beberapa kapal ferry tradisional yang tidak mematuhi peraturan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Djumadi, M. Si & Dr. Santi Rande, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 Mei 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email