PELAYANAN PENERBITAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SAMARINDA (Siti Anisa)

May 26, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 26, 2016 @ 1:01 PM
IP: 110.139.9.126

  • 1. Title [Judul]: PELAYANAN PENERBITAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Siti Anisa
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Prosedur Pelayanan, Penerbitan Akta kelahiran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan penerbitan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pelayanan penerbitan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda.
    Metode menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yang ditetapkan: Prosedur Pelayanan, Waktu Penyelesaian, Biaya Pelayanan, Produk Pelayanan, Sarana dan Prasarana, kompetensi petugas pemberi pelayanan. Faktor pendukung dan faktor penghambat. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan penerbitan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda, yaitu dari Prosedur Pelayanan berdasarkan alur proses prosedur yang ada, Waktu Penyelesaian berdasarkan lamanya waktu pemproses, Biaya Pelayanan berdasarkan Perda Nomor 14 Tahun 2009, Produk Pelayanan berdasarkan produk yang dihasilkan, Sarana dan Prasarana berdasarkan fasilitas yang tersedia, Kompetensi petugas Pemberi Pelayanan berdasarkan kebidangan masing-masing. Faktor pendukung pelayanan penerbitan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda adanya dasar hukum yang jelas dan sah adanya kesiapan dan kesigapan pegawai dalam memberikan pelayanan dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran masysarakat dengan pentingnya Akta kelahiran, kurangnya sarana pembangkit tenaga listrik yang tersedia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle M.AP & Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26 Mei 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email