CITRA PIGURA DALAM IKLAN CITRA HAND AND BODY LOTION VERSI “GADIS BERBAJU PINK” DI TELEVISI (Asteria Arlitta)

June 1, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 1, 2016 @ 4:32 PM
IP: 61.94.86.37

  • 1. Title [Judul]: CITRA PIGURA DALAM IKLAN CITRA HAND AND BODY LOTION VERSI “GADIS BERBAJU PINK” DI TELEVISI
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Asteria Arlitta
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Citra pigura, Iklan, Televisi
  • 4. Description [Abstrak] : Asteria Arlitta, Citra Pigura dalam Iklan Citra Hand and Body Lotion versi “Gadis Berbaju Pink” di Televisi; dibawah bimbingan Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM dan Drs. Ghufron, M.Si.
    Dalam perkembangannya, pembuatan iklan telah mengesampingkan norma-norma yang ada dan lebih mengutamakan kepentingan tertentu, tidak jarang kaum perempuan hanya menjadi objek untuk kepentingan-kepentingan komersial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra pigura dalam iklan Citra Hand and Body Lotion versi “Gadis Berbaju Pink” di televisi.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeinterpretasikan citra pigura melalui tanda-tanda atau simbol-simbol dalam iklan Citra Hand and Body Lotion versi “Gadis Berbaju Pink” di Televisi.
    Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori model Roland Barthes yang dimana pada scene adegan dalam iklan Citra Hand and Body Lotion versi “Gadis Berbaju Pink” terdapat citra pigura yang diambil dengan mendenotasikan makna dari pesan serta makna konotasi dari makna yang sesungguhnya.
    Berdasarkan analisis peneliti, iklan Citra Hand and Body Lotion versi “Gadis Berbaju Pink” dapat disimpulkan adanya eksploitasi tubuh perempuan di media massa. Eksploitasi tubuh perempuan ditunjukkan dengan adanya scene-scene yang mengeksploitir beberapa bagian tubuh tertentu seperti dada, pundak, pinggul,dan paha, ditambah pula dengan balutan pakaian model wanita yang cenderung terbuka, make up, tatanan rambut disertai bahasa tubuh dan ekspresi yang menunjang terbentuknya imej sexy pada iklan ini.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM dan Drs. Ghufron, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email