PEMBINAAN KETERAMPILAN BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH DI UPTD PANTI SOSIAL BINA REMAJA SAMARINDA (Rini Irawanti)

June 8, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 8, 2016 @ 1:45 PM
IP: 36.82.224.208

  • 1. Title [Judul]: PEMBINAAN KETERAMPILAN BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH DI UPTD PANTI SOSIAL BINA REMAJA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rini Irawanti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembinaan, Keterampilan.
  • 4. Description [Abstrak] : Latar belakang penulis mengambil judul tersebut karena berdasarkan data yang ada di Kalimantan timur pada tahun terakhir 2014 tercatat angka anak putus sekolah di Provinsi Kalimantan Timur yaitu 4.030 anak. fasilitas dalam pembinaan keterampilan otomotif, eletronik, tata rias, dan menjahit masih kurang.
    Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembinaan keterampilan bagi remaja putus sekolah di UPTD Panti Sosial Bina Remaja samarinda dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan factor penghambat dalam pembinaan keterampilan bagi remaja putus sekolah di UPTD Panti Sosial Bina Remaja samarinda.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara langsung dengan informen dan key informen dilokasi penelitian, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian yang diperoleh penulis melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi, bahwa UPTD Panti Sosial Bina Remaja Samarinda merupakan tempat pelayanan bagi anak putus sekolah terlantar yang memberikan pembinaan keterampilan seperti otomotif, elektronik, menjahit dan tatarias. waktu yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan 4,5 bulan, pembinaan tersebut di laksanakan 4 kali dalam semingggu yaitu Senin sampai Kamis, dengan jumlah anak asuh sebanyak 45 anak, 25 anak laki-laki dan 20 anak perempuan.
    Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa pembinaan keterampilan bagi remaja putus sekolah sudah berjalan dengan baik, namun masih ada hambatan dalam pelaksanaan pembinaannya seperti keterbatasan alat praktek, anggaran pelakasanaan masih kurang, serta tenaga instruktur pembina masih kurang. Penulis menyarankan agar kedepannya UPTD Panti Sosial Bina Remaja Samarinda mampu mengoptomalkan fasilitas praktek keterampilan, serta menambah tenaga pengajar, agar usaha pembinaan anak putus sekolah dapat berjalan lebih baik lagi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, M.S & Drs. H. Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email