PERAN DINAS PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA) (Abd Muis)

June 16, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 16, 2016 @ 3:39 PM
IP: 180.248.65.99

  • 1. Title [Judul]: PERAN DINAS PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Abd Muis
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Dinas Pariwisata, Pengembangan Ekowisata.
  • 4. Description [Abstrak] : Metode Penelitian ini yaitu pada jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yang ditetapkan: Motivator, Fasilitator, Dinamisator, faktor pendukung dan faktor penghambat. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran Dinas Pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Penajam Paser Utara dikaji dari motivator. Dinas Pariwisata mengoptimalkan keunggulan lokal, termasuk pemberdayaan masyarakat lokal dengan memberikan pelayanan jasa maupun menjaga ketertiban dan kenyamanan kawasan wisata. Sebagai fasilitator, dalam hal pengembangan pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Penajam Paser bekerja sama dengan pihak swasta maupun masyarakat. Dinamisator Dinas Pariwisata melaksanakan pembangunan pariwisata dengan pihak-pihak swasta dan masyarakat dalam perkembangan pariwisata di PPU. Dinas Pariwisata juga melakukan usaha atau pendekatan dengan pihak swasta untuk merekomendasikan dana CSR nya untuk pemberdayaan masyarakat di Kabupaten PPU. Faktor pendukungnya dari Potensi alam, potensi budaya, potensi manusia serta sistem informasi yang akurat, pengadaan dan pengawasan sarana prasarana dan adanya dukungan masyarakat sekitar mengenai pengawasan keberadaan sarana prasarana di objek wisata. Faktor penghambatnya berasal dari letak objek wisata yang sulit dijangkau, persepsi atau pandangan negatif, kurangnya sistem informasi pariwisata, promosi wisata dilakukan tidak terarah dan tidak fokus oleh faktor dana dan kurangnya kesadaran masyarakat, ketersediaan sarana prasarana yang belum mencukupi dibeberapa obyek wisata serta kurangnya pengadaan sarana prasarana pada objek wisata.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si & Hj. Hariati, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 Juni 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email