Studi Tentang Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Kampung Lambing Kecamatan Muaralawa Kabupaten Kutai Barat (Juniyanti)

March 6, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: , Juniyanti
On: Mar 6, 2013 @ 9:43 PM
IP: 39.197.153.41

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Kampung Lambing Kecamatan Muaralawa Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/penulis]: Juniyanti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pelayanan, kesehatan, masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat pada Puskesmas Kampung Lambing Kecamatan Muaralawa Kabupaten Kutai Barat. Serta mengambarkan dan mendeskrifsikan pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Diskriptif kualitatif pengumpulan data diperoleh dalam bentuk data primer, data diperoleh secara langsung dari narasumber (informan). Dalam penetuan informan peneliti menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dimana informasi atau data yang dikumpulkan dengan memilih informan yang dianggap berkompeten untuk menjadi sumber data key informan, diantaranya Kepala Puskesmas kampung Lambing dan Staf sebagai informan pelengkap.
    Fokus penelitian meliputi : 1. Prosedur pelayanan, 2. Fasilitas/sarana dan prasarana, 3. Pelayanan keluraga berencana, 4. Pelayanan kesehatan ibu dan anak, 5. Pelayanan penyuluhan kesehatan masyarakat, 6. Transparansi pelayanan, 7. Kuantitas/kualitas petugas pelayanan, 8. Keramahtamahan petugas dalam memberikan pelayanan.
    Dari hasil penelitian dapat di ketahui bahwa beberapa pelayanan sudah berjalan sebagaimana mestinya, namun masih terdapat beberapa kendala yang di hadapi, yaitu masih ada beberapa petugas pelayanan kesehatan yang kurang ramah tamah, serta kedisiplinannya dalam memberikan pelayanan, kurangnya sarana pelayanan yang tersedia sehingga menyebabkan masih banyak keluhan dari pengunjung tentang kualitas pelayanan yang di berikan sehingga pelayanan puskesmas kepada pengunjung dan pengguna jasa layanan puskesmas masih belum terwujud dengan baik seperti yang di harapkan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Djumadi, M.Si, Bambang Irawan, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email