KONTRIBUSI TOKOH MASYARAKAT DALAM MENJALANKAN PERANNYA PADA PEMILIHAN KEPALA DESA di DESA MUARA BADAK ULU KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2013 (Muhammad Aslam Syarief)

July 25, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 25, 2016 @ 1:03 PM
IP: 36.82.228.163

  • 1. Title [Judul]: KONTRIBUSI TOKOH MASYARAKAT DALAM MENJALANKAN PERANNYA PADA PEMILIHAN KEPALA DESA di DESA MUARA BADAK ULU KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2013
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Aslam Syarief
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Tokoh Masyarakat, PILKADES, Muara Badak Ulu
  • 4. Description [Abstrak] : Kontribusi tokoh masyarakat dalam menjalankan perannya pada pemilihan kepala desa di desa Muara Badak Ulu sangat penting. Hal ini disebabkan tokoh masyarakat diharapkan mampu berperan dalam memberikan arahan, pendapat, serta masukan yang objektif dalam pemilihan calon kepala desa, sehingga warga dapat memilih calon kepala desa yang amanah, jujur, serta dapat memberikan perubahan yang lebih baik pada desa muara badaka ulu dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif, dimana peneliti sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data di lakukan secara triangulasi, analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian ini menekankan pada makna dari pada generalisasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif dari Mathew B. Miles dan A. Michael Huberman.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran tokoh masyarakat di antaranya adalah sebagai penentuh arah, kemudian sebagai wakil dan juru bicara, sebagai komunikator yang aktif, menjadi mediator dan fasilisator yang dapat diandalkan serta menjadi integrator atau pemimpin yang mampu bertindak cepat dalam menghadapi persoalan sehingga memberikan informasi, motivasi, saran-saran juga menyakinkan masyarakat untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilihan yamg telah dilaksanakan 18 Maret 2013. Tokoh masyarakat juga berperan sebagai penjembatan atau penghubung aspirasi masyarakat yang nantinya disampaikan ke calon kepala desa, agar jika terpilih nanti aspirasi masyarakat dapat direalisasikan, seperti pembangunan dan perbaikan fasilitas yang ada di Desa Muara Badak Ulu. Faktor komunikasi yang mendukung peran tokoh masyarakat dalam pemilihan kepala desa di Desa Muara Badak Ulu adalah adanya kepercayaan masyarakat terhadap tokoh masyarakat sehingga memudahkan tokoh masyarakat dalam menyampaikan pesan-pesannya. Kemudian adanya kesamaan bahasa antara tokoh masyarakat dengan warga sehingga mudah bagi mereka untuk dapat saling memahami pesan-pesan yang disampaikan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si & Inda Fitryarini, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 Juli 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email