Studi Tentang Peran Ketua PKK Dalam Pelaksanaan Program Pemberdayaan Perempuan Di Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau (Ripca Dwi Hadi Agustin)

July 29, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 29, 2016 @ 11:41 AM
IP: 36.83.36.130

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Peran Ketua PKK Dalam Pelaksanaan Program Pemberdayaan Perempuan Di Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ripca Dwi Hadi Agustin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Ketua PKK, Program Pemberdayaan Perempuan, Faktor Pendukung dan Penghambat
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini untuk mengetahui Peran Ketua PKK Dalam Pelaksanaan Program Pemberdayaan Perempuan di Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, tempat di Kantor PKK Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian keperpustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini berjumlah 8 (delapan) orang yang terdiri dari Ketua PKK, Kordinator Pokja I.II.III.dan IV dan masyarakat Kecamatan Malinau Barat.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ketua PKK dalam Pelaksanann program pendidikan dan keterampilan, program kesehatan, dan program ekonomi, peran ketua PKK berperan sebagai pemimpin, Pembina, mengkoordinator, dan mengarahkan anggotanya serta mengawasi secara langsung, pelaksanaan kegiatan PKK, dan menjadi fasilitator yaitu memfasilitasi tempat dan pelengkapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegitan-kegiatan yang dilakukan oleh PKK.
    Ada juga faktor penghambat peran ketua PKK dalam pelaksanaan program pemberdayaan perempuan yaitu susahnya mengarahkan TP PKK karena kurangnya tingkat pengetahuan dan keterampilan anggota PKK, anggota PKK yang susah dikumpulkan karena memiliki kesibukkan masing-masing, dan minimnya anggaran dana yang diperoleh dalam pelaksanaan kegiatan PKK. Sedangkan faktor pendukungnya berupa dukungan semagat dari camat, keluarga, dan TP PKK, serta pengalaman pernah menjadi anggota PKK , sebelum menjabat sebagai ketua PKK.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof.Dr. Hj Aji Ratna Kusuma, M.Si. Dr. Rita Kalalinggi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29/2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email