STUDI TENTANG PEMBINAAN ANAK JALANAN OLEH DINAS KESEJAHTERAAN SOSIAL DI KOTA SAMARINDA (Lianti Dewi )

August 3, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 3, 2016 @ 12:32 PM
IP: 61.94.87.24

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PEMBINAAN ANAK JALANAN OLEH DINAS KESEJAHTERAAN SOSIAL DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Lianti Dewi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembinaan, Dinas Kesejahteraan Sosial, dan Anak Jalanan
  • 4. Description [Abstrak] : Lianti Dewi, “Studi Tentang Pembinaan Anak Jalanan Oleh Dinas Kesejahteraan Sosial Kota Samarinda”, di bawah bimbingan yang saya hormati Bapak Drs. H. Hamdan, M.Si, selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Hj. Hariati, S.Sos., M.Si, selaku Dosen Pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pembinaan anak jalanan yang dilakukan oleh Dinas Kesejahteraan Sosial Kota Samarinda di Kota Samarinda dan mengetahui serta menganalisis faktor-faktor penghambat dan pendukung di dalam pembinaan anak jalanan di Kota Samarinda.
    Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sumber data primer dengan teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, kondensasi datayang digunakan terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
    Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diketahui Pembinaan Anak Jalanan oleh Dinas Kesejahteraan Sosial Kota Samarinda dapat dikatakan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari berbagai program pembinaan anak jalanan yang sudah berjalan walaupun pembinaan program tersebut belum merata. Tetapi DKS tetap konsisten dan dibantu oleh Yayasan Borneo Insan Mandiri untuk menjalankan program tersebut, sehingga minat anak jalanan sedikit demi sedikit ada kemauan untuk mengikuti berbagai program tersebut untuk menjadi lebih baik lagi. Faktor penghambat selama Pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Kesejahteraan Sosial Kota Samarinda adalah minimnya sumber daya manusia sebagai tenaga relawan, minimnya sumber dana yang diberikan oleh pemerintah, tidak tetapnya penentuan waktu untuk melakukan pembinaan, tidak tersedianya tempat penampungan atau rumah singgah, serta kurangnya kepedulian masyarakat, dimana masyarakat selalu memberi uang kepada mereka yang menjadikan mereka akan semakin malas.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Hamdan M.Si Hj. Hariati, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: Agustus 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email