EFEK TAYANGAN KOKORO NO TOMO DI METRO TV PADA PENERAPAN BUDAYA JEPANG (STUDI PADA KOMUNITAS JAPAN CLUB EAST BORNEO DI SAMARINDA) (Agung Handoko)

August 8, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 8, 2016 @ 1:26 PM
IP: 180.248.71.243

  • 1. Title [Judul]: EFEK TAYANGAN KOKORO NO TOMO DI METRO TV PADA PENERAPAN BUDAYA JEPANG (STUDI PADA KOMUNITAS JAPAN CLUB EAST BORNEO DI SAMARINDA)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Agung Handoko
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efek Tayangan , Kokoro no Tomo , Budaya Jepang , Kultivasi, Komunitas Japan Club
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian yang dilaksanakan oleh Agung Handoko (1002055193) ini, berjudul Efek Tayangan Kokoro no Tomo Terhadap Penerapan Budaya Jepang Studi Pada Komunitas Japan Club East Borneo di Samarinda. Karya ilmiah ini bertujuan untuk merepresentasikan efek tayangan acara kokoro no tomo terhadap penerapan kebudayaan jepang pada komunitas Japan Club East Borneo yang ada di Samarinda. Penggunaan Komunitas japan Club East Borneo sebagai objek penelitian dikarenakan komunitas tersebut merupakan komunitas pertama dan terbesar di Samarinda.
    Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik Snowball sampling model interaktif Miles dan Huberman. Informan dalam penelitian ini merupakan anggota aktif dari komunitas Japan Club East Borneo di Samarinda. Pengumpulan data primer didapat dari wawancara dan observasi pada anggota komunitas Japan Club East Borneo. Pengumpulan data sekunder didapat melalui tayangan-tayangan Kokoro no Tomo di Metro TV.
    Hasil dari penelitian dan observasi terdapat tiga perubahan yakni perubahan sikap setuju dalam menjaga kebersihan, sikap tepat waktu dan sikap taat pada peraturan. Pada perubahan perilaku diketahui perubahan dalam bahasa Jepang, perubahan perilaku menerapkan kebersihan dan perubahan perilaku menerapkan tepat waktu. Sedangkan pada perubahan penjadwalan diketahui tidak adanya perubahan pada informan secara signifikan dalam penjadwalan kegiatan.
    Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan, hasil dari menggunakan analisis teori kultivasi pada efek tayangan Kokoro no Tomo yaitu adanya efek perubahan setelah menonton tayangan Kokoro no Tomo. Perubahan sikap menjaga kebersihan, datang tepat waktu dan taat peraturan. Perubahan perilaku menerapkan kebersihan yangmenjadi perilaku orang Jepang pada umumnya. Penjadwalan kegiatan terpaan yang terjadi tidak terlalu mengubah jadwal kegiatan seseorang sehingga tidak adanya perubahan yg signifikan pada informan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah M.S & Hikmah S.Sos. M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 8 Agustus 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email