KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PLN DALAM PENYALURAN LISTRIK DI KECAMATAN MELAK KABUPATEN KUTAI BARAT (Ari Kurniawan )

August 15, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 15, 2016 @ 11:45 AM
IP: 125.160.65.164

  • 1. Title [Judul]: KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PLN DALAM PENYALURAN LISTRIK DI KECAMATAN MELAK KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ari Kurniawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan PLN
  • 4. Description [Abstrak] : Ari Kurniawan, 2016, Kualitas Pelayanan Publik PLN dalam Penyaluran Listrik di Kecamatan Melak Kabupaten Kutai Barat. Bimbingan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Hj. Hariati, S.Sos., M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan publik PLN dalam penyaluran listrik di Kecamatan Melak Kabupaten Kutai Barat dan untuk mengidentifikasi faktor penghambatnya.
    Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu kualitas pelayanan PLN dalam Penyaluran Listrik, meliputi tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiviness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati) dan faktor penghambat kualitas pelayanan PLN dalam penyaluran listrik. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas key informan yaitu pimpinan Kantor PLN (Persero) Kecamatan Melak dan informan penelitian yakni pegawai/staf Kantor PLN (Persero) Kecamatan Melak dan masyarakat yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa PLN (Persero) Kecamatan Melak memiliki peranan penting dalam memberi pelayanan penyaluran listrik kepada seluruh masyarakat, meskipun kualitas pelayanan yang diberikan belum mencapai 100% karena penyaluran listrik belum stabil. Namun proses pelayanannya sudah cukup baik dan sesuai dengan peraturan. Untuk faktor penghambatnya yakni, minimnya jumlah pegawai yang kompeten karena tingkat pendidikannya yang kurang dan rendahnya disiplin waktu kerja pegawai serta minimnya sarana dan prasarana PLN (Persero) Kecamatan Melak, seperti : ruangan pelayanan sempit, jumlah kursi diruang tunggu yang tidak sesuai dengan jumlah masyarakat yang menunggu untuk mendapatkan pelayanan dan daya mesin pembangkit listrik masih kurang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kecamatan Melak sehingga sering terjadi pemadaman listrik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si Hj. Hariati, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email