PERAN GANDA ISTRI YANG BEKERJA DALAM MEMBANTU EKONOMI KELUARGA BURUH PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PADA PT. BUMI MAS AGRO DI KECAMATAN SANDARAN KABUPATEN KUTAI TIMUR (Risnawati )

August 18, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 18, 2016 @ 3:35 PM
IP: 36.82.225.88

  • 1. Title [Judul]: PERAN GANDA ISTRI YANG BEKERJA DALAM MEMBANTU EKONOMI KELUARGA BURUH PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PADA PT. BUMI MAS AGRO DI KECAMATAN SANDARAN KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Risnawati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Ganda, Istri, Buruh Perkebunan Kelapa Sawit
  • 4. Description [Abstrak] : Peran ganda menjadi fenomena dalam dunia kerja yang sering kita jumpai, tidak sedikit kaum wanita yang berpartisipasi dalam dunia industri. Berdasarkan fenomena sekarang peran perumpuan sudah tidak lagi dikaitkan dengan kodratnya sebagai perempuan yaitu seorang istri atau ibu rumah tangga yang hanya mengurus rumah tangga saja, namun telah berkembang sedemikian rupa sehingga perempuan telah berperan serta dalam setiap segi kehidupan terutama di sektor publik, sehingga perempuan menjadi salah satu kontributor dalam ekonomi rumah tangga.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang peran ganda istri yang bekerja di PT. Bumi Mas Agro dan untuk mengetahui seorang istri mengatur waktu dalam mengurus rumah tangganya (sektor demostik) dan melaksanakan perannya diluar rumah yang bekerja sebagai buruh (sektor publik).
    Peran merupakan pemahaman bersama yang menuntun kita untuk berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian, sosiolog yang bernama Glen Elder membantu memperluas penggunaan teori peran. Pendekatannya yang dinamakan “life-course” memaknakan bahwa setiap masyarakat mempunyai harapan kepada setiap anggotanya untuk mempunyai perilaku tertentu sesuai dengan kategori-kategori usia yang berlaku dalam masyarakat tersebut.
    Metode penelitian ini yaitu pada jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yaitu peran domestik dan peran publik. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif model analisis interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran istri dan ibu belum maksimal di dalam melaksanakan aktivitasnya yaitu di rumah dan tempat kerja. Dari 14 informan dan 1 key informan, di dalam memberikan jawaban atau informasi tentang fokus penelitian ketika menjawab mereka menjawab jujur bahkan curhat, tetapi ketika key informan memberikan informasi atau jawaban terlihat menutup-nutupi dan berbanding terbalik dengan jawaban informan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Badruddin Nasir, M.Si & Dra.Hj. Erni Asneli Asbi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 18 Agustus
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email