PERAN DINAS PERKEBUNAN DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM EMPAT KOMODITI PERKEBUNAN DI KABUPATEN MALINAU (Dafid)

August 23, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 23, 2016 @ 1:42 PM
IP: 125.162.114.200

  • 1. Title [Judul]: PERAN DINAS PERKEBUNAN DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM EMPAT KOMODITI PERKEBUNAN DI KABUPATEN MALINAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dafid
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: peran dinas perkebunan, program empat komoditi di Kabupaten Malinau
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini berjudul Peran Dinas Perkebunan Dalam Mewujudkan Program Empat Komoditi Perkebunan Di Kabupaten Malinau dengan bimbingan Bapak Drs.M. Gunthar Riady,M.Si dan Bapak Drs. Sugandhi,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Dinas Perkebunan Kabupaten Malinau dalam Mewujudkan program Empat Komoditi dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat atau kendala yang mempengaruhi peran Dinas Perkebunan dalam mewujudkan Program empat komoditi perkebunan di Kabupaten Malinau.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Perkebunan Kabupaten Malinau dan objek penelitian ini diambil dari Kepala Dinas Perkebunan, Sekretaris, Kabbag, Kasubbag serta Tenaga Penyuluh atau Tenaga Terampil Dinas Perkebunan yang di tempatkan di Desa-desa se-Kabupaten Malinau. Dan Penelitian ini mengunakan Metode Penelitian Kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam observasi dan dokumentasi sehingga lebih mampu menggali serta mengetahui Peran dari Dinas Perkebunan Kabupaten Malinau dalam upaya
    Mewujudkan Program Empat Komoditi Perkebunan di Kabupaten Malinau.
    Hasil yang di peroleh dari penelitian ini menunjukan bahwa Peran Dinas Perkebunan Dalam Mewujudkan Program Empat Komoditi Perkebunan Di Kabupaten Malinau masih belum Optimal. Hal ini disebabkan belum tertatanya managemen tenaga PPL Perkebunan secara Profesional baik kualitas maupun kuantitas dikarenakan masih mengunakan tenaga kontrak pertahun dan juga belum maksimalnya penerapan teknologi tepat guna, hal ini dikarenakan lemahnya koordinasi dengan SKPD terkait yang menangani pengadaan alat paska panen dan juga terbatasnya sarana dan prasarana tenaga PPL Perkebunan.
    Temuan lainnya adalah yang menjadi faktor penghambat terbesar dalam program ini yaitu petani perkebunannya sendiri, dimana sebagian besar dari petani perkebunan lebih mengutamakan hasil pertanian seperti berladang dan juga menjadi kendala dalam PPL melakukan pelatihan karna peminat dari program perkebunan ini sendiri kebanyakkan petani yang suda lanjut usia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. M. Gunthar Riady,M.Si Drs. Sugandhi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJurnal PIN

Loading

Print Friendly, PDF & Email