STUDI TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG KOTA SAMARINDA (Yuristra Nyendi Wardana)

August 25, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2016 @ 12:34 PM
IP: 125.160.66.229

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yuristra Nyendi Wardana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: gaya kepemimpinan camat, motivasi kerja pegawai
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Tujuan penelitian ini adalah membahas tentang Gaya Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda, agar dalam Memotivasi Kerja pegawai berjalan dengan baik.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Kantor Camat Samarinda Seberang. Pengumpulan data dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini sebanyak 16 (Enam Belas) orang yang terdiri dari Camat, 5 orang Kepala Seksi (Kasi), 3 orang kepala subbagian (Kasubbag), 7 orang staf.
    Hasil yang di peroleh dari penelitian ini yaitu bahwa Camat Samarinda Seberang dalam Kepemimpinannya mengunakan gaya kepemimpinan demokratis, karena itu yang sudah dilakukan selama menjabat sebagai Camat dan hasilnya pun sudah terbukti jelas, bukan hanya saya saja yang menggatakan gaya kepemimpinannya demokratis, tetapi pegawai juga. Gaya kepemimpinan yang dilakukan camat dalam meningkatkan Motivasi Pegawai di Kantor Camat Samarinda Seberang berdasarkan 3 gaya kepemimpinan, yaitu dengan gaya kepemimpinan otoriter, gaya kepemimpinan demokratis, gaya kepemimpinan laissez faire. Namun berdasarkan dari pengamatan serta dengan adanya pendapat dari pegawai, sudah terlaksana dengan baik cara memimpin dan memotivasi tersebut, sehingga kinerja pegawai sudah berjalan dengan baik.
    Kesimpulan dari Penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan Camat Samarinda Seberang tidak menggunakan gaya kepemimpinan otoriter dan gaya kepemimpinan laissez faire, melainkan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis hal ini diihat dari sikap dan cara Camat dalam memimpin bawahannya di Kantor Camat Samarinda Seberang Kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. M. Jamal Amin, M.S Drs. H. Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournalPIN

Loading

Print Friendly, PDF & Email