STUDI TENTANG STRATEGI HIDUP PEMULUNG PEREMPUAN DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) BUKIT PINANG KOTA SAMARINDA (Achmad Syakrani )

August 29, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 29, 2016 @ 3:30 PM
IP: 180.248.69.138

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG STRATEGI HIDUP PEMULUNG PEREMPUAN DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) BUKIT PINANG KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Achmad Syakrani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: strategi hidup pemulung, pemulung perempuan, pemulung di TPA Bukit Pinang
  • 4. Description [Abstrak] : Pemulung merupakan ‘pasukan terdepan’ dari jaringan bisnis sampah. Jumlah pemulung di TPA Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu pada tahun 2015 adalah sebanyak 30 orang perempuan dan 28 orang laki-laki. Pemulung perempuan banyak yang sudah berusia lanjut dan berstatus sebagai janda, masih bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan anak-anaknya. Beberapa perempuan nekad untuk bekerja di wilayah pembakaran. Mereka sadar akan bahaya bekerja di TPA, namun tidak mereka pedulikan. Bahkan untuk jaminan kesehatan mereka tidak memilikinya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi hidup pemulung perempuan di TPA Bukt Pinang Kota Samarinda.
    Kajian ini didukung oleh teori tindakan milik Weber yang menjelaskan bahwa tindakan sosial terdiri dari Zweck Rational, Wertrational Action, Affectual action, dan Traditional action. Ke empat karakteristik inilah yang diambil menjadi fokus penelitian.
    Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pheno-menological research atau penelitian fenomenologi. Lokasi penelitian dilakukan di TPA Bukit Pinang dengan melakukan wawancara mendalam kepada 6 orang informan.
    Dari penelitian ini diketahui bahwa tindakan yang dilakukan oleh pemulung perempuan termasuk kedalam tindakan yang rasional (Zweck Rational). Melalui pertimbangan-pertimbangan pilihan rasional, individu memutuskan menjadi pemulung. Hal ini dapat dilihat, ketika bekerja pemulung perempuan mengembangkan strategi untuk dapat mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya dengan berbagai cara agar mendapatkan keuntugan yang maksimal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si & Dra. Lisbet Situmorang,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 Agustus 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email