UPAYA PELESTARIAN RITUAL NUY ULUNG SUKU DAYAK LUNDAYEH DI DESA LONG BISAI KECAMATAN MENTARANG KABUPATEN MALINAU (Maradona)

August 29, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 29, 2016 @ 3:57 PM
IP: 180.248.69.138

  • 1. Title [Judul]: UPAYA PELESTARIAN RITUAL NUY ULUNG SUKU DAYAK LUNDAYEH DI DESA LONG BISAI KECAMATAN MENTARANG KABUPATEN MALINAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Maradona
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Upaya, pelestarian, ritual, tujuan, Nuy Ulung.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pelestarian ritual Nuy Ulung suku dayak Lundayeh di desa Long Bisai Kecamatan Mentarang Kabupaten Malinau.
    Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah ketua adat sebanyak 1 orang, anggota lembaga adat 4 orang, ketua seni dan budaya 1 orang, ketua sanggar tari 1 orang, tokoh masyarakat 5 orang. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yakni pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tujuan pelestarian ritual Nuy Ulung suku dayak Lundayeh di desa Long Bisai adalah untuk menjaga, mempertahankan, dan menghargai warisan budaya nenek moyang mereka agar tidak hilang dan pudar seiring perkembangan zaman serta mengedukasikan kepada generasi mudanya agar memahami prosesi ritual Nuy Ulung secara benar dan tidak menyimpang dari tata cara yang telah diwariskan oleh para leluhur mereka dikarenakan ritual Nuy Ulung memiliki unsur magic (supranatural) hingga sekarang. 2) Upaya pelestarian ritual Nuy Ulung suku dayak Lundayeh di desa Long Bisai sudah cukup baik (maksimal), hal itu dibuktikan dengan peran aktif mereka berpartisipasi menampilakan budaya ritual Nuy Ulung tersebut pada setiap pergelaran seni dan budaya daerah, dan pementasan ritual Nuy Ulung suku dayak Lundayeh ini sudah menjadi agenda tetap dalam pesta adat dan budaya (Irau) di kabupaten Malinau.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Martinus nanang, MA & Dr. Aji Qamara Hakim, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 Agustus 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email