STUDI TENTANG RESPONSIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KARANG ASAM KOTA SAMARINDA (Astri Novita Azis)

September 9, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 9, 2016 @ 2:02 PM
IP: 180.248.66.160

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG RESPONSIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KARANG ASAM KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Astri Novita Azis
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Responsivitas, Puskesmas Karang Asam, Pelayanan Kesehatan.
  • 4. Description [Abstrak] :

    Astri Novita Azis, Studi Tentang Responsivitas Pelayanan Kesahatan di Puskesmas Karang Asam Kota Samarinda, dibawah bimbingan bapak Dr. Enos Paselle, M.AP dan bapak Dr. Chatas Teguh Prakoso, M.Si. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan diwujudkan dengan adanya puskesmas berstandar ISO 9001:2008. Salah satunya adalah puskesmas Karang Asam. Namun dalam proses pemberian pelayanan yang dilakukan, masih terdapat beberapa permasalahan yaitu adanya keluhan pasien terhadap lamanya waktu tunggu pelayanan, serta terbatasnya jumlah petugas pelayanan di puskesmas Karang Asam. Oleh karena itu, diperlukan responsivitas pelayanan kesehatan, karena responsivitas merupakan bukti kemampuan organisasi untuk mengenali kebutuhan masyarakat..
    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis responsivitas pelayanan kesehatan di puskesmas berstandar ISO 9001:2008 (studi tentang responsivitas elayanan kesehatan di puskesmas Karang Asam, Kota Samarinda). Penelitian ini memfokuskan pada 6 indikator yaitu petugas merespon setiap pelanggan, petugas melakukan pelayanan dengan cepat, petugas melakuka pelayanan dengan cermat, petugas melakukan pelayanan dengan tepat waktu dan petugas merespon semua keluhan pelangga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis data model interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum responsivitas pelayanan kesehatan di puskesmas Karang Asam sudah cukup baik, walaupun masih ada beberapa hambatan yang harus dibenahi. Saran yang dapat diberikan demi peningkatan responsivitas pelayanan kesehatan di puskesmas Karang Asam, yaitu perlu dibentuk tim yang bertugas untuk mengkomunikasikan kepada pasien atau melakukan sosialisasi apabila terdapat kebijakan pemerintah yang baru, dengan jumlah petugas yang terbatas maka perlu untuk memperhitungkan beban kerja petugas puskesmas sehingga tidak menganggu proses pemberian pelayanan kesehatan di puskesmas Karang Asam.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle M.AP Dr. Cathas Teguh Prakoso M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournalAN

Loading

Print Friendly, PDF & Email