KUALITAS PELAYANAN PDAM DALAM PENYALURAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (VICKY ERVANI PRADITA SUBANDI)

September 27, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 27, 2016 @ 12:13 PM
IP: 180.248.252.245

  • 1. Title [Judul]: KUALITAS PELAYANAN PDAM DALAM PENYALURAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: VICKY ERVANI PRADITA SUBANDI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas, Pelayanan PDAM, Penyaluran Air Bersih
  • 4. Description [Abstrak] : Vicky Ervani Pradita Subandi, Kualitas Pelayanan PDAM Dalam Penyaluran Air Bersih Di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara di bawah bimbingan Bapak Dr. Bambang Irawan, M.Si dan Bapak Drs. H. Hamdan, M.Si.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan PDAM dalam penyaluran air bersih di Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat kualitas pelayanan PDAM dalam penyaluran air bersih di Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan PDAM dalam penyaluran air bersih di Samboja dilihat dari bukti fisik, kualitas pelayanan dan kualitas air dalam menyaluran air bersih bagian langganan PDAM dari perawatan rutin dan tetap berada dalam kondisi sarana prasarana yang layak digunakan dan terawat.
    Ditinjau dari kehandalan, para petugas PDAM yang berhubungan langsung dengan pelanggan, diupayakan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kecakapan yang dapat diandalkan sesuai dengan tugas dan wewenangnya masing-masing serta pelayanan yang diberikan harus memberikan kualitas yang baik kepada pelanggan. Dilihat dari ketanggapan, seluruh pegawai PDAM menanggapi keluhan pelanggan secara urut, PDAM menerapkan sistem one day service. Dilihat dari jaminan, tolak ukur PDAM mengenai jaminan pegawai, dari kesopanan seluruh pegawai terhadap pelayanan yang mereka berikan kepada masyarakat. Dilihat dari empati, seluruh pegawai memiliki empati yang baik dalam memberikan pelayanan. Faktor penghambat dari tidak tersedianya anggaran dana untuk menambah dan perbaikan fasilitas yang rusak dan kedisiplinan pegawai. Jaringan internet terkadang mengalami gangguan, SDM teknisi masih kurang, tidak ada WC dan informasi PDAM terhadap saluran air yang akan dimatikan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si Drs. H. Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournalAN

Loading

Print Friendly, PDF & Email