PENGARUH KEPEMIMPINAN LURAH TERHADAP PEMBANGUNAN DI KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA (LISTIA MAFTUHATUL MAHMUDAH )

October 11, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 11, 2016 @ 9:32 AM
IP: 61.5.108.221

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH KEPEMIMPINAN LURAH TERHADAP PEMBANGUNAN DI KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: LISTIA MAFTUHATUL MAHMUDAH
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kepemimpinan, Pembangunan
  • 4. Description [Abstrak] : Pengaruh Kepemimpinan Lurah Terhadap Pembangunan di Lempake Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si selaku pembimbing I dan Drs. Endang Erawan, M.Si selaku pembimbing II.
    Berdasarkan latar belakang yang ada maka memunculkan rumusan masalah apakah kepemimpinan Lurah berpengaruh terhadap Pembangunan di Kelurahan lempake Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kepemmimpinan Lurah terhadap Pembangunan di Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Dengan definini oprasional dan indikatornya yang meliputi : Faktor Kepemimpinan Lurah (perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan) dan Faktor Pembangunan (pembangunan fisik yang meliputi: prasarana perhubungan, prasarana produksi, dan prasarana sosial budaya, serta pembangunan non fisik yang meliputi: pembinaan bidang keagamaan, pembinaan bidang kesehatan dan keluarga berencana, dan pembinaan bidang ketertiban dan keamanan).
    Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, menggunakan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakakn teknik pngumpulan data dengan melakukan studi kepustakaan, studi lapangan yaitu dengan melakukan pengumpulan data melalui kegiatan obserasi secara tak langsung pada objek penelitian, menyebarkan kuisioner kepada 48 Ketua RT dan 14 pegawai yang ada di Kelurahan Lempake untuk mendapatkan data yang lebih jelas sesuai dangan kebutuhan dalam penelitian. Alat pengukuran data yang digunakan adalah skala ordinal. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yaitu kepemimpinan lurah (independent variabel) dan pembangunan (dependent variabel)
    Dari hasil pengolahan data diperoleh F hitung sebesar24,250 dengan nilai signifikan 0,000. Dengan demikian Ho ditolak, maka model regresi yang diperoleh dari hasil pengolahan data dapat diterima. Untuk koefisien arah regresi, t= 4,924 dengan nilai signifikannya 0,000, maka Ho ditolak yang berarti bahwa koefisien regresi bersifat nyata dan berpengaruh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara kepemimpinan lurah terhadap pembangunan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Pembimbing 1, Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si Pembimbing 2, Drs. Endang Erawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: E-journal

Loading

Print Friendly, PDF & Email