PENDATAAN KELUARGA MISKIN DI KANTOR DESA GAS ALAM KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Dessy Nurhandayani)

October 20, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 20, 2016 @ 3:24 PM
IP: 180.248.255.149

  • 1. Title [Judul]: PENDATAAN KELUARGA MISKIN DI KANTOR DESA GAS ALAM KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dessy Nurhandayani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pendataan Keluarga, Miskin, Keluarga Miskin
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian untuk mengetahui jumlah Keluarga Miskin Desa Gas Alam dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pendataan Keluarga Miskin di kantor Desa Gas Alam Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan ada dua jenis yaitu sumber data primer merupakan sumber data yang diperoleh melalui informan dengan cara melakukan wawancara secara langsung dan dipandu dengan pertanyaan sesuai dengan fokus penelitian, sedangkan sumber data sekunder merupakan sumber data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara seperti catatan yang telah tersusun dalam arsip atau buku pedoman. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif, yaitu menggambarkan tentang data dan fakta mengenai objek penelitian maka analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif.Aktivitas dalam analisis data yaitu: Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verifications.
    Hasil penelitian dari Pendataan Keluarga Miskin Di Kantor Desa Gas Alam Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara adalah adanya perbedaan kriteria keluarga miskin dari yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang didata dan masyarakat belum tahu pasti kriteria sebuah keluarga dapat di katakan sebagai keluarga miskin. Faktor penghambat dalam Pendataan Keluarga Miskin di Kantor Desa Gas Alam Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara sarana dan prasarana yang diterima oleh ketua RT masih kurang maksimal, kurang meratanya informasi yang diterima oleh masyarakat, adanya RT yang warganya sulit ditemui, telah pindah namun belum mengurus surat kepindahan dan kurang antusias dalam mensukseskan proses pendataan keluarga miskin dan masyarakat kurang jujur memberikan informasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Pembimbing 1, Dr. H. Muhammad Noor, M.Si Pembimbing 2, Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: E-jurnal. AN

Loading

Print Friendly, PDF & Email