KONFORMITAS DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DENGAN STATUS SOSIAL EKONOMI KE BAWAH DI UNIVERSITAS MULAWARMAN (GALUH ENDANG PERGIWATI)

October 25, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 25, 2016 @ 9:41 AM
IP: 36.75.37.83

  • 1. Title [Judul]: KONFORMITAS DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DENGAN STATUS SOSIAL EKONOMI KE BAWAH DI UNIVERSITAS MULAWARMAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: GALUH ENDANG PERGIWATI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: konformitas, perilaku konsumtif dan status sosial ekonomi ke bawah
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian mengenai konformitas dan perilaku konsumtif pada mahasiswi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik bertujuan untuk mengetahui konformitas dan perilaku pada mahasisiwi dengan status sosial ekonomi ke bawah, bagaimana seorang mahasiswi dengan status sosial ekonomi ke bawah melakukan konformitas dan perilaku konsumtif. Konformitas adalah perubahan tingkah laku atau keyakinan sebagai hasil dari tekanan dalam kelompok yang terasa nyata ataupun dalam bayangan. Perilaku konsumtif adalah suatu perilaku membeli yang tidak lagi didasarkan pada pertimbangan yang rasional melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf yang tidak rasional lagi.
    Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan empat subjek.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek dalam penelitian ini melakukan pembelian secara tidak wajar dikarenakan adanya tuntutan di dalam kelompok. Berbelanja tidak lagi didasari karena adanya kebutuhan melainkan berbelanja karena ingin selaras dengan norma-norma yang ada di dalam kelompok. Perilaku konsumtif apabila tidak dikontrol akan berdampak pada mahasiswi itu sendiri, seperti memiliki sifat boros, memunculkan sifat yang tidak produktif, berbohong, pola bekerja yang berlebihan, sampai menggunakan cara instan seperti nekat terjun ke dunia malam. Sehingga pada akhirnya perilaku konsumtif bukan saja memiliki dampak ekonomi, tapi juga dampak psikologis, sosial bahkan etika.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Diah Rahayu, S.Psi., M.Si dan Lisda Sofia, S.Psi., M.Psi., Psikolog
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email