PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN SOSIALISASI POLITIK MELALUI MEDIA MASSA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 DI DESA SANGATTA UTARA KECAMATAN SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR (Nuruddin Abdullah)

October 25, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 25, 2016 @ 10:05 AM
IP: 61.94.87.61

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN SOSIALISASI POLITIK MELALUI MEDIA MASSA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 DI DESA SANGATTA UTARA KECAMATAN SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nuruddin Abdullah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: status sosial ekonomi, sosialisasi politik, media massa, partisipasi politik mas
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sangatta Utara Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Sosialisasi Politik Melalui Media Massa terhadap Partisipasi Politik masyarakat. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan melakukan Library search (penelitian keperpustakaan), Field Work Research (penelitian lapangan). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif, dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 orang responden yang diambil secara acak dari 35.594 orang populasi dengan menggunakan metode simple random sampling.
    Status sosial ekonomi merupakan suatu bentuk pengelompokkan orang-orang berdasarkan kesamaan karakteristik tingkat pendidikan, kedudukan/posisi seseorang, pendapatan dan pemilikan kekayaan. Sedangkan sosialisasi politik melalui media massa merupakan suatu proses dengan mana sikap-sikap, nilai-nilai dan pengetahuan politik yang ditanamkan kepada anak-anak sampai mereka dewasa melalui sarana media massa. Kedua hal tersebut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Status Sosial Ekonomi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Partisipasi Politik masyarakat dalam pemilu legislatif tahun 2014 di Desa Sangatta Utara Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur. Sedangkan Sosialisasi Politik Melalui Media Massa memiliki pengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap Partisipasi Politik masyarakat dalam pemilu legislatif tahun 2014 di Desa Sangatta Utara Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Pembimbing 1, Dr.Phil. I. Ketut Gunawan, MA Pembimbing 2, Budiman, S.IP., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: E-Jurnal IP

Loading

Print Friendly, PDF & Email