EVALUASI PROGRAM INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) DI BATU CERMIN RT 06 KELURAHAN SEMPAJA UTARA KECAMATAN SAMARINDA UTARA (Novita Anggraini)

October 31, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 31, 2016 @ 4:35 PM
IP: 180.248.73.227

  • 1. Title [Judul]: EVALUASI PROGRAM INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) DI BATU CERMIN RT 06 KELURAHAN SEMPAJA UTARA KECAMATAN SAMARINDA UTARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Novita Anggraini
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Evaluasi, Program IPAL, Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan,
  • 4. Description [Abstrak] : Evaluasi Program Instalasi Pengelohan Air Limbah (IPAL) di Batu Cermin Rt 06 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara dibawah bimbingan Drs. Endang Erawan, M. Si selaku pembimbing I dan Hj. Hariati, S.Sos, M. Si selaku pembimbing II, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
    Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis dampak dari program instalasi pengelolahan air limbah di Batu cermin Rt 06 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Selain itu untuk menganalisis faktor penghambat dari program nstalasi pengelolahan air limbah di Batu Cermin Rt 06 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara. Penelitian ini dilakukan di Batu Cermin Rt 06 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri. Sumber data yang digunakan dalah sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris pengelolaan air limbah cair domestik Penulis juga menggunakan penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi guna memperoleh data primer mengenai Evaluasi Program Pengelolahan Air Limbah (IPAL) di Batu Cermin Rt 06 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Dengan berdasarkan data yang ada penulis berupaya menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta, sifat serta hubungan antar fenomena yang ada.
    Berdasarkan analisis kualitatif dapat disimpulkan bahwa Evaluasi Program Instalasi Pengelohan Air Limbah (IPAL) di Batu Cermin Rt 06 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara yang dinilai dari efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, reponsivitas, ketepatan secara keseluruhan sudah cukup baik. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus dapat dioptimalkan lagi sehingga Evaluasi Program Instalasi Pengelohan Air Limbah (IPAL) di Batu Cermin Rt 06 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara dapat lebih baik lagi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si Hj. Hariati, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal AN

Loading

Print Friendly, PDF & Email