Implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2003 tentang Perizinan Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet di Kabupaten Berau (Febri Ersaputri)

November 8, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 8, 2016 @ 10:52 AM
IP: 180.248.255.182

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2003 tentang Perizinan Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet di Kabupaten Berau
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Febri Ersaputri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Peraturan Daerah, Perizinan Sarang Burung Walet
  • 4. Description [Abstrak] : Febri Ersaputri, “Implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2003 Tentang Perizinan Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet di Kabupaten Berau”, dibawah bimbingan yang saya hormati Ibu Prof.Dr.Hj.Aji Ratna Kusuma,M.Si selaku Dosen Pembimbing 1 dan Bapak Dr.Enos Paselle, M.Ap, selaku Dosen Pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2003 Tentang Perizinan Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet yang dilakukan oleh Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Berau dan mengetahui serta menganalisis faktor-faktor penghambat impelementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2003 Tentang Perizinan Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi serta faktor penghambat dalam implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2003 Tentang Perizinan Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu melakukan wawancara dengan key informan dan informan, dan data sekunder yang berasal dari arsip dan dokumen-dokumen BPPT Kabupaten Berau. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis data interaktif.
    Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwa implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2003 tentang Perizinan Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet di Kabupaten Berau dapat dikatakan belum optimal. Hal ini dapat dilihat BPPT yang belum sepenuhnya menjalankan dari isi perda tersebut, bahkan nyaris tidak terlaksanakan. Faktor penghambat implementasi perda adalah tidak ada sosialisasi atau penyampaian informasi kepada para pemilik usaha sarang burung walet, belum tegasnya sikap aparatur kepada pemilik usaha sarang burung walet, tidak ada petunjuk pelaksana dalam izin usaha sarang burung walet, tidak tersedianya anggaran untuk melaksanakan peraturan daerah nomor 4 tahun 2003 tentang Perizinan Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet, partisipasi yang kurang dari pemilik usaha sarang burung walet, serta kurangnya dukungan pemerintah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof.Dr.Hj.Aji Ratna Kusuma, M.Si Dr. Enos Paselle,M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJoirnal AN

Loading

Print Friendly, PDF & Email