IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI DI DESA JEMPARING KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER (Ecot Hasbian)

June 17, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Hasbian, Ecot
On: Jun 17, 2016 @ 9:26 AM
IP: 36.80.58.151

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI DI DESA JEMPARING KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ecot Hasbian
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, PNPM Mandiri, Desa Jemparing
  • 4. Description [Abstrak] : Adapun yang menjadi tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri pedesaan di Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Sehingga bisa hidup mandiri, juga dapat membantu untuk kesejahteraan masyarakat dan juga mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam impelementasi program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri pedesaan di Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kegiatan yang terjadi dalam pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri pedesaan di Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser, metode yang diguakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan mengguakan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PPM) mandiri di Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser, pada dasarnya sudah berjalan dan sesuai aturan yang berlaku namun dari beberapa masyarakat masih banyak yang kurang antusias terhadap kehadiran ketika ada musyawarah/rapat yang diadakan di desa. TPK berusaha mengumpulkan masyarakat tetapi kenyataannya hanya orang-orang tertetu saja yang hadir. Pengajuan pinjaman sudah berjalan dengan semestinya kelompok simpan pinjam membuat proposa pengajuan proposal harus sesuai dengan persaratan yang ditetaplan, verifikasi dan pembahasaan tim verifikasi dibentuk dalam musawarah antar desa yang terdiri dari dua orang yang bertugas menguji persartan, kelayakan kelompok, pendanaan kegiatan SPP berasal dari APBN sebesar 60% dan APBD sebesar40%, musawarah pertanggungjawapan dilakukan pada ahir periode setiam kelompok memperesentasikan pertanggungjawapan dana SPP yang dikelola selama satu periode.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs.H. Burhanudin, M.Si & Budiman, S.I.P., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 Juni 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email