STUDI TENTANG KEARSIPAN DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN ADMINISTRASI DI SEKRETARIAT KPU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR (Siti Hajar)

October 13, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Hajar, Siti
On: Oct 13, 2016 @ 10:25 AM
IP: 36.80.58.151

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG KEARSIPAN DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN ADMINISTRASI DI SEKRETARIAT KPU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Siti Hajar
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kearsipan, Pencatatan, penyimpanan, pemeliharaan,
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan kearsipan meliputi pencatatan, penyimpanan, pemeliharaan, pemindahan, pemusnahan, faktor pendukung dan penghambat manajemen pada kantor Sekretariat KPU Provinsi Kalimantan Timur.
    Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan, dan penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumen dengan informan berjumlah 6 (enam) orang. Dari hasil penelitian ini maka diperoleh gambaran bahwa secara umum kearsipan pada sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur telah berjalan sebagaimana mestinya, diantaranya pada manajemen kearsipan di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang meliputi pencatatan yang terdiri dari buku agenda surat masuk dan surat keluar, penyimpanan yang menggunakan asas desentralisasi, pemeliharaan yang di dalamnya terdapat perawatan yang dilakukan setiap hari, pemindahan yang di dalamnya terdapat arsip aktif dan inaktif dan pemusnahan yang dilakukan dengan system dibakar dengan selang waktu umur arsip diatas 5 sampai 10 tahun. Temuan lainnya terdapat faktor pendukung pada manajemen kearsipan di secretariat KPU Provinsi Kalimantan Timur yaitu terciptanya komunikasi antar pegawai yang baik, sedangkan factor penghambat manajemen kearsipan pada sekretariat KPU Provinsi Kalimantan Timur adalah kurangnya sarana dan prasarana serta anggaran dana dalam pengelolaan kearsipan dan peningkatan tenaga kearsipan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si & Budiman, S.I.P., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 13 Oktober 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email