KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP ISTRI (Studi pada Lima Permasalahan Ekonomi dalam Keluarga di Kota Samarinda Kalimantan Timur) (Arnoldus Donny)

November 15, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Donny, Arnoldus
On: Nov 15, 2016 @ 1:18 PM
IP: 61.5.112.62

  • 1. Title [Judul]: KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP ISTRI (Studi pada Lima Permasalahan Ekonomi dalam Keluarga di Kota Samarinda Kalimantan Timur)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Arnoldus Donny
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kekerasan dalam Rumah Tangga (KdRT), Ekonomi
  • 4. Description [Abstrak] : Kebutuhan ekonomi memang menjadi kebutuhan pokok yang sangat penting bagi setiap aspek rumah tangga. Kebutuhan ekonomi yang kurang akan mendorong ke hal-hal yang buruk, sehingga memicu terjadinya permasalahan antara suami dan istri. Salah satu permasalahan ini adalah terjadinya tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KdRT), yang mana hal ini bisa terjadi karena dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan ekonomi yang dihadapi dalam keluarga tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan, menganalisa, dan menjabarkan lebih mendalam mengenai keadaan sebenarnya dari tindak KdRT yang terjadi terhadap istri dilatarbelakangi oleh permasalahan ekonomi dalam keluarga secara keseluruhan.

    Penulis menggunakan sebagian teori bentuk kekerasan dari John O’Brien. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengen pendekatan narrative research bertujuan untuk mencari informasi yang dapat menggambarkan secara keseluruhan dari KdRT yang terjadi terhadap istri dilatarbelakangi oleh permasalahan ekonomi dalam keluargadi Kota Samarinda dengan menggunakan paradigma pemikiran gambaran. Selanjutnya Penulis melakukan wawancara mendalam terhadap beberapa informan istri yang menjadi korban KdRT, serta informan pendukung lainnya, seperti anak-anak, sanak saudara/i atau kerabat dekat, serta beberapa petugas yang berkompeten di Kantor Polisi Resort Kota Samarinda, maupun di- Lembaga P2TP2A “Odah Etam” Provinsi Kalimantan Timur.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima permasalahan ekonomi dalam keluarga yang melatarbelakangi terjadinya tindak KdRT yang dilakukan seorang suami terhadap istrinya sendiri, diantaranya adalah suami tidak memiliki pekerjaan atau menjadi pengangguran, penghasilan yang berlebihan dalam keluarga, penghasilan istri lebih besar daripada penghasilan suami, ketidakterbukaan suami tentang masalah ekonomi, serta suami menerima pemutusan hubungan kerja (PHK). Sehingga perlunya ada kerjasama dari seluruh anggota keluarga yang berada di dalamnya, masyarakat, serta para praktis sosial ataupun pekerja sosial yang berkompeten agar dapat menyelamatkan para korban (istri) dari tindak KdRT yang saat ini dialaminya tersebut.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Hj. Erni Asneli Asbi, M.Si dan Dra. Lisbet Situmorang, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email