STRATEGI PENGUATAN KAPASITAS (CAPACITY BUILDING) DI KLINIK JALANAN SAMARINDA (Syamsul Anwar)

November 15, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Anwar, Syamsul
On: Nov 15, 2016 @ 7:25 PM
IP: 110.139.8.254

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI PENGUATAN KAPASITAS (CAPACITY BUILDING) DI KLINIK JALANAN SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Syamsul Anwar
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci : Strategi, Penguatan Kapasitas, Anak Jalanan
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak

    Syamsul Anwar. Strategi Penguatan Kapasitas (Capacity Building) Di Klinik Jalanan Samarinda. Dibawah bimbingan Dr. Sri Murlianti, M.Si selaku pembimbing I dan Inda Fitryarini, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 3 (tiga) aspek strategi penguatan kapasitas (capacity building) anak jalanan di Klinik Jalanan Samarinda yaitu ; Aspek Rehabilitasi, Aspek Motivasi, dan Aspek Studi.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan observasi. Sebelum turun kelapangan, peneliti tidak membawa atau menggunakan teori apapun. Lokasi penelitian di sekertariat Klinik Jalanan yang beralamat di Jalan K.H. Agus Salim Gang 2, Kota Samarinda dan di persimpangan rambu lalu lintas Jalan Basuki Rahmat, persimpangan rambu lalu lintas Mall Lembuswana, persimpangan rambu lalu lintas Jalan Pangeran Antasari dan persimpangan rambu lalu lintas Sempaja.
    Sumber data berasal dari sumber data primer (informan kunci) yaitu Haerdy Pratama Wijaya, CEO Klinik Jalanan Samarinda dan data sekunder yaitu dari kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggungakan teknik participant observation, wawancara mendalam dan dokumentasi.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 3 aspek strategi penguatan kapasitas (capacity building) di Klinik Jalanan Samarinda yaitu ; aspek rehabilitasi, aspek motivasi, dan aspek studi yang diterapkan selama ini mampu melakukan rehabilitasi kepada sebagian anak jalanan yang telah lama kecanduan ngelem sehingga tidak ngelem lagi, dan dengan adanya aspek studi dapat menekan angka buta huruf anak jalanan yang dibina.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sri Murlianti, M.Si Dan Inda Fitryarini, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email