IMPLEMENTASI PROGRAM ALOKASI DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SALO PALAI KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Mudir)

November 22, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 22, 2016 @ 9:37 AM
IP: 180.248.251.120

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PROGRAM ALOKASI DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SALO PALAI KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mudir
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Alokasi Dana Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Desa
  • 4. Description [Abstrak] : Mudir, 2016. Implementasi Program Alokasi Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Des Salo Palai. dibawah bimbingan Dr. Muhammad Noor, M.Si sebagai Pembimbing I dan Dini Zulfiani S.Sos,. M.Si sebagai pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi alokasi dana desa dalam pemberdayaan masyarakat di desa salo palai, dan untuk mengidentifikasi dan menganalisis fakto penghambatnya.
    Jenis penelitian yang peneliti terapkan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada empat kriteria keberhasilan dalam implementasi sebuah kebijakan yaitu interaksi, target group, organisasi pelaksana dan kondisi lingkungan. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles, A. Michael Hubermen dan Johnni Saldana (2014).
    Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi Alokasi Dana Desa yang dilaksanakan di Desa Salo Palai tidak berjalan dengan baik, hal tersebut disebabkan karena interaksi yang dilaksanakan oleh pemerintah desa kepada masyarakat terkadang mengalami diskomunikasi sehingga menimbulkan perbedaan persepsi dalam melaksanakan program kebijakan, selain itu isi kebijakan atau target group kurang sesuai dengan harapan masyarakat dikarenakan pemerintah hanya memfokuskan pembangunan di bidang pemberdayaan lingkungan fisik sehingga program pemberdayaan perekonomian dan sumber daya manusia sangat minim, sehingga masyarakat tidak bisa mengembangkan perekonomian di desa. Faktor penghambat dalam proses implementasi program Alokasi Dana Desa adalah terletak pada kurangya pemahaman tentang tugas dan fungsi baik dari aparatur pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan desa, Rukun Tetangga dan masyarakat secara umum.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muhammad Noor, M.si Dini Zulfiana, S.Sos., M.si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal AN

Loading

Print Friendly, PDF & Email