MOTIVASI DAN MANAJEMEN WAKTU PADA MAHASISWA WIRAUSAHA DI UNIVERSITAS MULAWARMAN ( STUDI DESKRIPTIF MAHASISWA WIRAUSAHA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ) (NUFAILA FAHMAYANTI) (NUFAILA FAHMAYANTI)

November 23, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 23, 2016 @ 2:41 PM
IP: 36.82.192.20

  • 1. Title [Judul]: MOTIVASI DAN MANAJEMEN WAKTU PADA MAHASISWA WIRAUSAHA DI UNIVERSITAS MULAWARMAN ( STUDI DESKRIPTIF MAHASISWA WIRAUSAHA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ) (NUFAILA FAHMAYANTI)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: NUFAILA FAHMAYANTI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: motivasi, manajemen waktu, dan mahasiswa wirausaha
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian mengenai motivasi dan manajemen waktu pada mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik bertujuan untuk mengetahui motivasi berwirausaha pada mahasiswa dan manajemen waktu pada mahasiswa wirausaha di Universitas Mulawarman.
    Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Peneliti menggunakan teknik snowball, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan empat subjek.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek dalam penelitian ini menjalankan kuliah sambil berwirausaha dikarenakan adanya kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mendapatkan uang saku. Hasil dari ketiga subjek yaitu subjek HN, MO, dan HL dapat disimpulkan bahwa manajemen waktu setiap individu menyesuaikan pada kebutuhan utama masing-masing individu. Motivasi turut mendukung subjek dalam mengatur waktu. Memilih mendahulukan sesuatu yang menurut kebutuhan yang paling dasar. Sebagai mahasiswa mengatur waktu menjadi hal yang sulit ketika mahasiswa memilih untuk berwirausaha sebagai prioritas utama. Hal ini berakibat pada prestasi mahasiwa di kampus.
    Kedisiplinan diri sangat berperan dalam manajemen waktu bagi mahasiswa yang menjalankan kuliah sambil berwirausaha. kendala yang dirasakan oleh pada mahasiswa dikarenakan kurangnya rasa disiplin terhadap waktu dengan mengisi waktu luang untuk hal yang tidak penting dan adanya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan yang harus diselesaikan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Lisda Sofia, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Diah Rahayu, S.Psi., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email